17: Channel Islam Favorit Saat Ramadan

07.11.00




Suasana Ramadan seperti sekarang, ditambah harus tetap #DiRumahAja akibat pandemi, membuat diri ini cukup memutar otak bagaimana caranya agar tidak bosan di rumah. Mulai dari memanfaatkan handphone untuk mengisinya dengan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat, hingga menonton sesuatu untuk menghabiskan waktu.

Berbicara tentang tontonan, ada beberapa tontonan yang saya andalkan di YouTube. Iya, bukan acara televisi karena televisi di rumah saya sudah rusak HAHAHAHA. Jadi, jika menonton apapun, semua dialihkan lewat YouTube. Termasuk akun-akun Islami/kajian-kajian.

Iya. Saya sudah tidak pernah lagi menonton kajian di televisi. Sudah tidak mengikuti kajian yang terkenal dengan jargon “Jamaah oh jamaah. Alhamdu? Lillaah!” dan “Mah, curhat yuk?”. Karena alasan itu tadi. Televisi di rumah sudah rusak (dan sepertinya Bapak tidak ada keinginan untuk diperbaiki). Akhirnya mencari-cari tontonan lewat YouTube. Dan justru ternyata lebih banyak kajian-kajian menarik di YouTube daripada di televisi. Beberapa diantaranya:

Media Koentji - Ngaji Filsafat

Diperkenalkan akun ini oleh seseorang (yang sekarang sudah ninggal rabi, eh) sejak akhir 2017. Akun Media Koentji - Ngaji Filsafat yang diisi oleh Ustad Dr. Fahruddin Faiz ini adalah satu dari beberapa akun kajian favorit saya karena isi kajiannya tak lagi membahas Islam yang mendasar. Sudah masuk ke dalam filsafat, dalam artian sudah membahas Islam dengan sudut pandang yang lebih luas. Tidak hanya membahas tentang halal haram saja yang, bagi saya, sudah terlalu mainstream.


Jeda Nulis – Habib Jaf’ar

Saya menyukai Habib Jaf’ar karena pembahasannya yang enak dan tidak ngejudge sana-sini. Saya bisa mengenal Islam dan belajar tentang Islam dengan cara yang menyenangkan. Bahasa yang digunakan pun dekat dengan anak muda (bayangin, pakai bahasa ‘lo’ ‘gue’, loh!), nggak kaku. Nggak kelihatan kalau beliau itu seorang Habib, hahaha. Keren lah pokoknya! Bikin adem.


Shihab dan Shihab – Najwa Shihab

Keluarga Shihab ini menjadi salah satu keluarga favorit dan panutan saya. Selain karena memang pintar-pintar semua, pembahasan yang dibicarakan ialah pembahasan yang seringnya saya pertanyakan, terutama tentang Islam. Prof. Quraish Shihab bisa menjelaskan tentang Islam dengan cara yang adem dan tidak kaku.


----------------------------------------------------

Mungkin ketiga channel di atas hanya tiga dari sekian channel Islam yang ada di YouTube. Tapi ketiga channel tersebut adalah channel andalan saya tentang Islam yang membahasnya dengan menyenangkan dan adem. Tentunya, membahas Islam dengan sudut pandang yang lebih luas.

Kalau kamu, channel tentang Islam apa yang menjadi favoritmu? Yuk, tuliskan di kolom komentar!

-----------------------------------------------------

Ditulis guna memenuhi tantangan dari Blogger Perempuan Network



Love,


Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

1 comments

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Mari menyambung silaturahmi dengan meninggalkan link blog saat berkomentar ^^