11: Keterampilan yang Dipelajari Saat di Rumah

07.15.00



Berkutat di rumah terus-menerus akibat imbauan pemerintah untuk tetap #DiRumahAja, tidak lantas membuat saya menjadi manusia rebahan yang bermalas-malasan. Justru ini merupakan tantangan bagi saya pribadi untuk meningkatkan skill apapun (dalam koridor yang positif, tentunya). Ya, walaupun terkadang rasa malasnya menguat di beberapa waktu, tapi saya mencoba menepisnya hahaha. Karena kalau sudah keterusan malas-malasan tuh, bakal nggak enak buat ngapa-ngapain (ini buat saya pribadi, sih. Ehe).

Salah satu hal yang saya syukuri dengan adanya COVID-19 ini adalah saya jadi suka untuk mencoba beberapa skill atau keterampilan yang baru untuk saya pribadi. Utamanya agar tidak menghabiskan waktu dengan lebih malas-malasan, sebenarnya. Ditambah, agar pikiran saya nggak kacau karena overthinking, ehehe (iya, saya memang ada masalah dengan berpikir yang terlalu berlebihan ini sejak tahun kemarin. Ehe). Jadi mau tidak mau saya harus tetap berkegiatan, meski tidak yang ‘wah banget’. Asal bisa mengalihkan pikiran-pikiran saya untuk tidak terus-menerus overthinking.

Beberapa skill atau keterampilan yang saya pelajari di masa pandemi ini adalah:

Mencoba untuk Decluttering Baju

Sejak beberapa tahun terakhir, saya memang sedang tertarik untuk mempelajari tentang hidup minimalis dan decluttering, yang pada akhirnya saya memilih untuk menerpkan decluttering pada baju.

Dan disaat pemerintah mengharuskan untuk tetap #DiRUmahAja seperti ini, kegiatan decluttering baju sangat menyelamatkan saya dari kegabutan yang selalu melanda dan menjaga agar tetap produktif. Cerita tentang decluttering baju pernah saya ceritakan di postingan akhir Maret yang lalu hihihi.


Berkutat di Dapur dengan Membuat Dalgona Coffee dan Ayam Goreng Ala Taiwan

Pandemi yang membuat saya harus lebih betah di rumah menjadikan jiwa bebikinan saya hadir kembali. Beberapa diantaranya adalah berkutat di dapur membuat kopi kekinian yang sedang naik daun, Dalgona Coffee, dan juga ayam goreng ala Taiwan. Wkwkwk.

 Dalgondes eh Dalgona Coffee yang sedang viral

Ayam goreng ala Taiwan

Ternyata seru juga loh masak-masak tuh. Selain menambah skill masak-memasak, bisa juga jadi hiburan di masa pandemi ini, ehehehe. Resep Dalgona Coffee sudah saya tuliskan di sini, ya!


Utak-atik Blog dan Belajar Desain Menggunakan CorelDRAW

Berusaha untuk tetap produktif meski harus #DiRumahAja, membuat saya lebih sering berkutat dengan laptop. Hal ini saya manfaatkan untuk mengutak-atik blog dengan menambah postingan baru (dengan cara mengikuti challenge dari Blogger Perempuan ini, salah satunya. Ehe). Iseng juga saya belajar desain sederhana menggunakan CorelDRAW, dan menghasilkan beberapa template ala-ala kekinian untuk mengisi waktu luang HAHAHAHA.


Bikin template ala-ala yang ternyata malah nyebar ke mana-mana. Wkwk

Mengasuh Bayi dan Mengajak Bermain Anak-anak

Memiliki sepupu yang masih di bawah dua tahun dan sering main ke rumah, membuat saya belajar untuk merawat bayi meski tidak sepenuhnya hehehe. Saya belajar untuk bermain, menyuapi, hingga memandikan bayi dan menenangkan bayi ketika sedang tantrum. Susah susah gampang tapi cukup menyenangkan, ternyata. Hihihi.

Selain belajar untuk mengasuh bayi, saya juga belajar untuk berbaur dan mengajak bermain anak-anak usia 5 tahun hingga 10 tahun, yang tingkahnya ada-ada saja (dan seringnya bikin cenut-cenut kepala saking aktifnya berlarian kesana kemari). Saya belajar dari keponakan teman, sih. Untungnya, saya suka dengan anak-anak kecil (karena cita-cita saya dahulu adalah menjadi guru SD tapi tidak keturutan hehehe).

Diabadikan oleh teman saya saat sibuk bermain dengan ketiga keponakannya hahaha. Seru, ternyataa

Bermain bersama anak-anak ini cukup melatih saya bagaimana cara berkomunikasi yang menyenangkan, menciptakan berbagai permainan, menjadi teman bagi mereka meski terpaut usia yang cukup jauh hihi. Dan keponakan-keponakan teman saya ini malah mencari-cari saya jika saya nggak datang ke rumah teman saya ini huhuhu terharu :’)

------------------------------------------------

Tidak terlalu banyak keterampilan baru yang saya pelajari di kala pandemi ini. Tapi justru saya malah banyak mengaktifkan kegiatan-kegiatan lama saya yang sempat terbengkalai seperti membaca buku dan olahraga hihihi. Nggak papa. Toh, masa pandemi bukan sebagai ajang lomba untuk mana yang lebih produktif, bukan?

Kalau kamu sendiri, apa keterampilan baru yang kamu pelajari ketika masa pandemi berlangsung seperti sekarang? Yuk, berbagi cerita di kolom komentar!

------------------------------------------------

Ditulis guna memenuhi tantangan dari Blogger Perempuan Network,


Love,



Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

2 comments

  1. Pencapaian terbesarku saat bereskperimen di dapur hanya membuat dalgona coffee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi yang penting sudah ngapa-ngapain Kaaak :D

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Mari menyambung silaturahmi dengan meninggalkan link blog saat berkomentar ^^