10: Aplikasi Bermanfaat Saat di Rumah

07.30.00


Berhubung tidak ada televisi di rumah gegara rusak (dan Bapak sepertinya tidak ada niatan untuk memperbaikinya WKWK), jadi, yang menjadi hiburan saya di rumah selama ini adalah banyolan antar anggota keluarga (iya, ini keluarga saya emang punya bakat lawak semua), radio (dengerin lagu-lagu), buku, laptop, dan handphone. Seringnya sih, ngutak-atik laptop atau handphone. Mulai dari cari-cari hiburan yang ringan nan receh, menulis postingan blog, mengulik informasi, bahkan hal-hal lainnya, yang kesemuanya bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani saya (terutama bagi jiwa, sih).

Pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung sekarang membuat diri saya yang seringnya hanya glubak-glubuk (ya walau juga tetap melakukan kegiatan, sih. Tapi nggak seproduktif setelah adanya pandemi ini wkwkwk parah emang!), jadi kayak cacing kepanasan. Rasanya sudah bosaaaaaan sekali ndekem di rumah, tuh. Huhuhu. Ditambah hiburan yang saya dapatkan hanya itu-itu saja (dan tetap tidak ada televisi wkwkwk).

Ya. Pada akhirnya saya terus mencoba untuk tetap fun di rumah dengan cara melakukan kegiatan yang seru-seru nan menghibur bersama keluarga. Dan ternyata ini bermanfaat untuk menjaga kewarasan saya saat pandemi ini, loh! (Karena efek dari COVID-19 ini membuat overthinking saya jadi kembali lagi, meski munculnya tidak intens)

Saya juga mencoba beberapa aplikasi yang bermanfaat ketika harus tetap #diRumahAja. Ini juga dalam rangka untuk tetap produktif dan tidak gabut, ditambah juga agar saya tidak overthinking alias berpikir yang berlebihan yang seringnya, mengganggu saya untuk menjalani kehidupan yang fana ini~ (ceileh, sok gaya lu Dhir!)

Aplikasi ini saya jadikan satu folder dan saya namakan...... Prouductive. Bukan tanpa alasan, sih. Tapi memang aplikasi-aplikasi ini yang menurut saya sangat bermanfaat, mulai dari menambah wawasan, hingga membuat saya produktif untuk menulis. Beberapa aplikasi lainnya ada di folder terpisah, biar foldernya nggak terlalu padat banget, sih. Hehe.


Beberapa aplikasi di handphone yang (saya rasa) bermanfaat diantaranya:

Pocket

Aplikasi yang sudah saya gunakan sejak 3-4 tahun terakhir. Aplikasi ini berguna bagi saya ketika menemukan artikel atau postingan blog yang menarik dan berminat menyimpannya untuk dibaca secara offline. Aplikasi yang berguna sekali untuk mengumpulkan bahan bacaan ketika #DiRumahAja, sih. Biar nggak kebanyakan scroll media sosial mulu. Hehehe.

Blogger dan Tumblr

Tampilan dari Blogger

Sebagai seorang blogger (meskipun abal-abal HAHAHA), saya juga meng-install aplikasi ini di handphone, meskipun pada dasarnya saya tetap lebih nyaman untuk menggunakan laptop untuk posting blog di blogger.com, dibandingkan dengan handphone. Saya menggunakan aplikasi ini hanya untuk menuliskan konsep atau ide yang tiba-tiba tercetus. Takut akan hilang jika tidak segera ditulis hehehe.

Aplikasi Tumblr berguna bagi saya yang suka corat-coret tetapi dengan topik yang ringan-ringan, bahkan hanya sekadar quotes saja. Jika Blogger saya gunakan untuk posting dengan penjelasan dan cerita cukup panjang, tapi kalau Tumblr ini kebanyakan hanya sekadar quotes dan cerita yang receh.

Tampilan aplikasi Tumblr

Dari Tumblr ini, saya banyak menemukan tulisan-tulisan yang merubah sudut pandang saya tentang kehidupan sejak beberapa tahun terakhir. Seru pokoknya! Aplikasi inilah yang menyelamatkan saya dari rasa bosan ketika masa pandemi ini, dan upaya untuk tidak banyak scroll sosial media tanpa menghasilkan sesuatu.

Dua aplikasi ini sangat berguna bagi saya yang hobi nulis-nulis, terutama dikala pandemi ini. Menjaga agar kewarasan saya tetap terjaga dan tetap produktif (menulis adalah salah satu cara saya untuk self healing, soalnya. Hehehe).

Quora

Quora sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah wawasan saya, terutama di masa pandemi ini. Banyak pertanyaan-pertanyaan mulai yang lucu hingga inspiratif ada di aplikasi Quora ini. Kita juga bisa melemparkan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan, loh!

Tampilan dari Quora

iPusnas

Tampilan aplikasi iPusnas

Kesedihan saya akibat tutupnya salah satu perpusakaan kota favorit saya di wabah pandemi COVID-19 ini sedikit terobati. Dengan adanya aplikasi iPusnas ini, saya bisa meminjam buku sepuasnya (walau tetap dibatasi per hari hanya bisa pinjam maksimal 2 buku saja hehehe).

Lebih dari 5 buku yang sudah saya lahap habis dari iPusnas. Dan kesemuanya adalah novel-novel saat saya masih remaja wkwkw. Iya, ceritanya saya lagi ingin nostalgia meminjam novel-novel kesayangan saya dari SMP, dan ternyata koleksi dari iPusnas ini cukup lengkap.

Aplikasi yang sangat berguna untuk teman-teman yang sangat suka membaca buku, meski bukunya dalam bentuk e-book. Bagi saya pribadi tidak terlalu masalah, sih. Apalagi di handphone saya ini terdapat reading mode, yang bisa mengatur brightness dari handphone sedemikian rupa hingga nyaman untuk mata (nggak mencolok mata seperti biasanya. Nyaman, jika bagi saya pribadi).

Insight Timer

Saya yang sedang belajar untuk meditasi dan membuat pikiran menjadi tenang, mendapat sebuah rekomendasi aplikasi meditasi dari teman-teman twitter yang bernama Insight Timer.

Belum mencoba beberapa kali, sih. Hanya mengecek apa-apa yang ada di dalamnya. Dan cukup menarik. Bahkan kita juga bisa melihat aktivitas orang-orang lain yang memakai aplikasi ini, loh.

Berguna bagi teman-teman yang membutuhkan ketenangan pikiran, terutama saat wabah pandemi COVID-19 yang lumayan membuat sepaneng.

Tampilan dari aplikasi Insight Timer

Pedometer dan Strava

Aplikasi yang saya gunakan untuk berolahraga. Pedometer saya gunakan untuk menghitung langkah, sedangkan aplikasi Strava saya gunakan ketika berlari. Meski kini kedua aplikasi ini tidak terlalu sering saya pakai diakibatkan dengan adanya wabah COVID-19 yang mengharuskan untuk #DiRumahAja, tapi saya tetap berusaha untuk melakukan aktivitas olahraga lainnya seperti stretching ringan.




YouTube dan Spotify

Dua aplikasi ini sangat berguna ketika membutuhkan hiburan audio maupun visual. YouTube saya gunakan ketika ingin menonton video maupun mencari lagu-lagu, sedangkan Spotify saya gunakan untuk mendengarkan lagu dan podcast yang bermanfaat dan menambah wawasan.



Zoom, Google Meet, Google Classroom

Ketiga aplikasi ini sangat diperlukan bagi orang-orang yang harus bekerja dari rumah dan mengalami pembelajaran jarak jauh akibat dari pandemi COVID-19 ini. Berhubung saya bukan pelajar/mahasiswa lagi dan bukan seorang pekerja kantoran, jadi saya tidak terlalu membutuhkannya hehehe. Ya mungkin suatu saat akan menggunakan tatkala ingin merasakan bagaimana rasanya menggunakan salah satu dari aplikasi tersebut, sih. Ehe.

-------------------------------------------------------------

Sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi bermanfaat lainnya. Disesuaikan saja dengan kebutuhan diri sendiri, karena minat setiap orang belum tentu sama. Aplikasi yang saya tuliskan di atas berdasarkan pengalaman saya pribadi dan memang benar-benar saya rasakan sendiri manfaatnya.

Kalau kamu sendiri, apa aplikasi andalanmu yang bermanfaat ketika harus #DiRumahAja seperti sekarang? Yuk, tulis komentarmu di kolom komentar, ya!

-----------------------------------------------------

Ditulis guna memenuhi tantangan dari Blogger Perempuan Network,




Love,



Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Mari menyambung silaturahmi dengan meninggalkan link blog saat berkomentar ^^