09: Kegiatan Seru Bersama Keluarga di Rumah

07.07.00



Ramadan sudah berjalan hari ke lima, dan imbauan pemerintah mengenai #DiRumahAja tidak kunjung reda. Malah justru lebih digaungkan karena adanya PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, yang terjadi di beberapa kota di Indonesia yang memiliki dampak COVID-19 yang cukup parah, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya. Oleh karena itulah, imbauan #DiRumahAja terus-menerus diserukan.

Efek dari imbauan ini adalah, intensitas bertemu dengan keluarga di rumah lebih sering. Bahkan sepertinya sekarang tanpa jeda, hahaha. Ya meskipun sesungguhnya pekerjaan saya dikerjakan di rumah, tapi sesekali jika bosan di rumah, saya memilih untuk jalan-jalan keliling ke tempat wisata yang ada di kota saya maupun nongkrong bersama teman-teman di kedai kopi langganan.


Berhubung keadaan yang mengharuskan untuk #DiRumahAja dan imbauan dari pemerintah untuk menutup tempat wisata dan kedai kopi maupun kafe (termasuk juga tempat tongkrongan saya, huhu), mau tidak mau harus mematuhinya. Dan otomatis, keadaan ini membuat saya lebih sering bertemu dengan anggota keluarga saya (Bapak, Ibu, dan adik-adik).

Hingga terkadang rasa bosan di rumah pun timbul. Tapi ya mau bagaimana lagi? Harus bersabar hingga wabah COVID-19 ini mereda. Semoga sesegera mungkin.

Nah, untuk menyiasati rasa bosan di rumah (dan bertemu dengan anggota keluarga yang itu lagi itu lagi HAHAHA), saya memiliki beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan dengan keluarga. Selain untuk mengatasi rasa bosan, ini juga bisa untuk menguatkan bonding antar anggota keluarga, loh!

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga:

Memasak Bersama Ibu dan Adik

Sudah beberapa kali ini saya bersama adik perempuan dan ibu saya berkutat di dapur bersama. Memasak ini itu, yang sebenarnya bukan masakan yang ribet. Tapi yang paling penting adalah, keakraban yang terjalin di dalamnya. Saya, ibu, dan adik memasak sambil ngobrol dan ngerumpi banyak hal. Keseruan yang lumayan jarang dirasakan karena sok sibuknya saya dan kesibukan adik untuk mengerjakan skripsi.

Ngobrol Bersama Keluarga di Ruang Makan

Bisa makan bersama dengan anggota yang lengkap adalah satu kebahagiaan yang patut disyukuri. Mewabahnya virus COVID-19 ini membuat semua anggota keluarga saya berkumpul di rumah (kecuali adik laki-laki saya yang kini sedang ada di rumah paman saya yang ada di Sidoarjo). Hal ini membuat saya dan keluarga sering ngobrol bareng di ruang makan. Terkadang juga di ruang tamu.

Ngobrolnya pun juga mengalir, mulai dari topik yang ringan hingga cukup berat. Seru! Bisa menjadi ajang evaluasi untuk keluarga juga.

Makan Bersama dengan Anggota Keluarga Lengkap

Seringnya untuk berkumpul dengan anggota keluarga yang lengkap (minus adik laki-laki sih sebenarnya, hehe) akibat wabah COVID-19 ini, membuat saya dan anggota keluarga saya yang lain jadi sering makan bersama. Hal yang jarang-jarang terjadi, karena biasanya kebanyakan malas kalau disuruh makan. Kalau yang satu makan, satunya belum lapar. Begitu terus hingga seringnya makan sendiri-sendiri.

Tetapi dengan adanya wabah ini, saya dan keluarga saya jadi sering makan bersama-sama di ruang makan, sambil ngobrol ringan. Satu dari beberapa hal yang patut saya syukuri di pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

Nonton Film dan Karaoke Bersama

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah menonton film dan karaoke bareng. Meskipun bukan maniak film, tapi sesekali saya juga menonton film. Justru adik perempuan saya yang lebih sering menonton film –bahkan mengikuti K-Drama juga, dibandingkan saya, sih. Pandemi ini membuat saya dan adik perempuan saya ini menjadi sering menonton film bareng di aplikasi andorid menonton film legal. Rencananya, saya dan adik saya akan menonton K-Drama yang sedang on going, A World of Marriage Couple (yang katanya membuat pusing kepala saking nganuhnya. HAHAHA).

Karaoke bersama juga menjadi opsi kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah. Cari lagu-lagu di YouTube, kemudian sing a song  bersama (meskipun suaranya pada cempreng semua hahaha. Nggak papa, biar nggak stress semua).

----------------------------------------------------------------

Itulah beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah, yang tentunya saya juga lakukan hehehe. Semoga bisa bermanfaat dan diterapkan pada keluarga, ya! Syukur-syukur malah bisa menambah kekuatan bonding antar anggota keluarga :D

Kalau kamu, kegiatan seru apa yang sudah kamu lakukan bersama kelurga di masa pandemi ini? Yuk, berbagi di kolom komentar!

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan, ya. Terutama bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa. Semoga diberi kelancaran untuk menjalankan ibadah, meski harus melewati di masa pandemi ini. Stay safe!

-----------------------------------------------------
Ditulis guna memenuhi tantangan dari Blogger Perempuan Network,





Love,

Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Mari menyambung silaturahmi dengan meninggalkan link blog saat berkomentar ^^