08: Tips Betah di Rumah

07.12.00




Sudah karantina hari ke-108432108103780 alias sampai lelah menghitung sudah berapa lama karantina di rumah sejak mewabahnya pandemi COVID-19. Meskipun saya dibilang betah-betah saja di rumah (karena kerja pun semuanya saya kendalikan dari rumah, bahkan sebelum adanya wabah COVID-19 ini), namun ada kalanya saya mencapai titik bosan dan butuh udara segar di luar rumah, meski sekadar piknik tipis maupun ngopi bersama teman.

Berhubung adanya wabah COVID-19 yang mengharuskan untuk tetap #DiRumahAja, mau tidak mau agenda yang saya lakukan di luar rumah harus saya tunda. Mencari hiburan pun, hanya bisa dilakukan di rumah. Bosen bosen deh,  tuh! Tapi ya mau dikatakan apa lagi, kita tak akan pernah satu~~

Eh, salah. Mau dikatakan apa lagi, semuanya dibatasi, hanya keluar jika ada kepentingan yang mendesak saja, maksudnya (meski ngopi dan piknik juga kepentingan, sih. Tapi bukan kepentingan mendesak banget pol huhuhu). Hehehe.

Akhirnya, saya pun menerapkan beberapa tips kepada diri saya sendiri untuk bagaimana caranya agar tetap betah di rumah. Mungkin saja juga bisa diterapkan di kamu kamu sekalian :D

Buat Jadwal Sehari-hari

Meski hanya di rumah saja, tapi terkadang banyak aktivitas yang saya lakukan, hingga sering saya bingung mana yang harus saya lakukan terlebih dahulu WKWKWKW (iya, ini anaknya memang sok sibuk di rumah. Padahal yang dilakukan hanya itu-itu saja. Ehe). Akhirnya, saya mencoba untuk membuat jadwal kegiatan per hari, agar waktu tidak terbuang sia-sia, tidak banyak untuk scroll media sosial.

Bikin jadwal sehari-hari biar teratur

Lakukan Hobi yang Disuka

Hobi adalah satu hal besar yang membuat saya tetap waras dan semangat untuk menjalani hidup (meski hobi favorit saya adalah rebahan. Eh, bukan. Bercanda, hehe). Sedari dulu, hobi favorit saya adalah rebahan membaca. Kalau dulu sih, sering menghabiskan waktu dengan buku-buku, tapi sekarang, bukunya dialihkan ke smartphone alias membaca thread di Twitter, pertanyaan di Quora, bacaan-bacaan ringan di Tumblr, website, maupun di Medium. HAHAHAHA.

Tapi akhir-akhir, saya mulai membaca buku kembali, kok. Meski buku-buku yang saya baca seringnya lewat e-book yang saya pinjam dari iPusnas. Menjalani hobi yang satu ini membuat saya betah untuk tetap di rumah. Bahkan saya pernah hampir seharian tidak keluar rumah hanya gara-gara baca buku heuheuheu.

Hobi favorit saya selain membaca adalah menulis. Berdiam di rumah dalam jangka waktu yang tidak ditentukan ini membuat saya semakin banyak untuk melakukan hobi dan hal-hal yang disuka. Menulis adalah salah satunya. Beberapa tulisan sudah saya buat dan saya posting di blog ini dan tumblr pribadi saya hahaha. Selain agar lebih produktif, tentu saja agar semakin betah untuk berkegiatan di rumah.

Mengatur Ruang Kerja Senyaman Mungkin

Berhubung semua kerjaan saya lakukan di rumah (bahkan sebelum ada wabah COVID-19), sejak pertama kali saya memutuskan untuk kerja di rumah, saya mem-booking ruang belakang rumah menjadi ruang kerja saya. Mengatur bagaimana agar saya bisa betah dan nyaman kerja di rumah saja.

Sudah hampir tiga tahun ini saya kerja di rumah selepas lulus kuliah, dan sejauh ini betah-betah saja. Ditambah adanya imbauan Kerja dari Rumah akibat wabah COVID-19 ini, membuat saya semakin betah untuk kerja di rumah saja (dan semakin rajin buat beres-beres hahahahah).

Mengatur ruang kerja biar nyaman dan betah di rumah

Stok Makanan dan Camilan Favorit

Sebenarnya, sejak beberapa tahun terakhir ini saya mengurangi untuk stok camilan di rumah. Agar badan tidak menggendut hahahaha. Tapi nyatanya, sejak adanya imbauan untuk tetap #DiRumahAja dari pemerintah, saya mulai stok makanan dan beberapa camilan favorit saya seperti mi instan, kulit lumpia, dan cireng. Meskipun sebenarnya juga jarang, sih.

Stok makanan dan camilan ini berguna untuk meminimalisir nongkrong dan njajan di luar. Dan tentu saja untuk membuat semakin betah di rumah hehehe.

Sedia Film, Drama, Buku, dan Musik Favorit

Berhubung tidak ada televisi dan WIFI di rumah, jadi sebisa mungkin saya harus meminimalisir penggunaan paket data agar tidak membengkak. Solusinya adalah menyetok hiburan-hiburan seperti film, drama, dan musik-musik favorit agar tidak bosan. Hehehe.

Mencoba Hal-hal Baru

Mencoba hal-hal baru juga terbukti cukup ampuh untuk membuat saya semakin betah di rumah. Beberapa hal yang saya lakukan adalah membuat kopi yang sedang kekinian, Dalgona Coffee (ceritanya bisa disimak di sini), dan membuat ayam goreng Taiwan ala Shihlin. Hehe.

Seru, ternyata! Selain sebagai cara untuk tidak bosan di rumah, ternyata bisa menambah skill baru, loh.

-----------------------------------------------------

Nah, itu dia beberapa tips dari saya bagaimana caranya agar tetap betah di rumah saja selama masa pandemi berlangsung. Semoga bisa berguna, ya!

Kalau kamu, apa saja yang bisa membuatmu untuk betah di rumah? Yuk, ceritakan di kolom komentar!

-----------------------------------------------------

Ditulis guna memenuhi tantangan dari Blogger Perempuan Network,





Love,



Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

4 comments

  1. aku juga adalah manusia to do list 🤗

    BalasHapus
  2. aku selama di rumah aja, bikin menu masakan baru dong
    nyobain bikin nugget, pentol, pisang aroma, terangbulang, dimsum wuah semuanya dah
    tiap hari beda-beda haha saking bosennya
    semoga wabah segera usai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih seru banget tuh Mbaaak masak-masaaaak! Bagi resep dong Mbaaak hihihi ~XD
      Aamiin aamiin, stay safe ya Mbaaak!

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Mari menyambung silaturahmi dengan meninggalkan link blog saat berkomentar ^^