03: Cara Membantu Sesama Saat Pandemi

06.44.00



Pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung saat ini, tentu saja membuat semua orang (dan semua sektor) terpukul. Banyak pekerja yang harus dirumahkan, orderan yang berkurang drastis, toko-toko terpaksa tutup sementara, bahkan ada juga yang kehilangan pekerjaannya. Semua orang berusaha bertahan dengan caranya masing-masing agar tetap hidup di masa-masa pagebluk (wabah) ini.

Indonesia terkenal dengan asas kegotong-royongannya. Terbukti disaat-saat sekarang ini, banyak sekali cara dan bantuan yang digulirkan untuk sesama saat pandemi ini. Beberapa diantaranya membuat saya terharu.

Saling Bantu Menyumbangkan APD (Alat Pelindung Diri) untuk Garda Terdepan Pandemi COVID-19

Sejak COVID-19 mulai menyebar, APD (Alat Pelindung Diri) yang biasa digunakan oleh petugas medis sangat langka di pasaran. Mulai dari surgery mask, sanitizer, hingga baju hazmat, keberadaannya sangat langka. Hingga banyak petugas medis yang saya ketahui memakai alat pelindung diri seadanya. Bahkan memakai jas hujan sebagai pengganti baju hazmat pun dijabani untuk tetap terlindung! Saya menangis :’)

Banyak orang –mulai dari influencer hingga komunitas turut bergotong-royong membantu petugas medis dengan cara mengadakan penggalangan dana dan bantuan APD kepada petugas medis di seluruh Indonesia. Terharu sekali melihat banyak orang yang saling bantu garda terdepan COVID-19 ini!

Membelikan Driver Ojek Online Makanan Melalui Aplikasi

Cara ini sangat viral di twitter beberapa saat yang lalu. Kita order makanan lewat aplikasi ojek, tetapi nantinya makanan itu kita berikan kepada Mas-mas Ojol tersebut.

Pedagang senang karena laku, dan Mas-mas Ojol juga bahagia karena mendapat makanan! (Pastikan membayarnya lewat Gopay/OVO, ya!)



Bantu Orang-orang yang Paling Terdampak dengan Memberikan Sembako

Jujur, semua orang merasakan dampak dari COVID-19 ini, tanpa terkecuali. Tapi menurut saya, yang paling jelas merasakan dampaknya adalah orang-orang yang bekerja di sektor informal seperti pedagang asongan, tukang becak, buruh, dan orang-orang yang mendapatkan gaji harian. Otomatis disaat pandemi dan pembatasan fisik seperti sekarang ini, mereka nyaris tidak ada pemasukan. Hanya mengandalkan uang simpanan saja yang, entah akan bertahan berapa lama.

Dengan kondisi seperti ini, pemerintah mengambil solusi untuk memberikan sembako bagi warganya. Ada beberapa daerah yang saya ketahui sudah menerima bantuan sembako dari pemerintah, termasuk daerah saya sendiri. Sebuah inisiasi yang patut diapreasi.

Selain bantuan dari pemerintah, banyak komunitas-komunitas yang juga menggalang dana untuk nantinya akan dibelikan sembako bagi warga yang terdampak akan pandemi ini. Bahu-membahu, saling menolong agar semuanya tetap baik-baik saja.

Bantu Teman Promosikan Produknya, Hingga Berbelanja di Toko Tetangga Sendiri

COVID-19 tentunya memukul rata semua sektor, tak terkecuali sektor ekonomi (sepertinya justru ini yang paling terasa dampaknya). Pemasukan menurun, daya beli otomatis juga menurun drastis. Banyak pedagang yang mulai lesu, baik pedagang online maupun pedagang yang memiliki toko. Bahkan saya menyaksikan sendiri bagaimana teman-teman saya banting setir alih profesi, karena profesi sebelumnya tidak bisa dijalankan lagi gara-gara wabah COVID-19 ini.

Hal yang saya lakukan adalah membantu teman-teman saya untuk mempromosikan jasa maupun produk yang mereka tawarkan. Ya, agar mereka juga bisa bertahan hidup di masa pandemi ini.

Tak lupa juga hal kecil (dan semoga berdampak, walau sedikit) yang saya lakukan adalah membeli produk maupun jualan dari tetangga sendiri. Meskipun mungkin tidak sering berbelanja di sana (karena saya membeli juga sesuai kebutuhan, hehe), semoga turut membantu sedikit-sedikit.

Usaha baru teman saya saat pandemi. Alhamdulillah, sama-sama saling bantu
satu sama lain :)

------------------------------------------------------------------------------

Tidak banyak cara yang saya berikan. Tapi semoga ada manfaat yang bisa dipetik, ya!

Mari berbagi, saling bantu sesama di masa pandemi ini dengan cara kita masing-masing. Stay safe dimanapun berada!

-----------------------------------------------------------------------------

Ditulis guna memenuhi tantangan dari Blogger Perempuan Network,

Love,



Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

2 comments

  1. Semoga segera berlalu aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, kakaaaks! Semoga segera berlalu dan bisa nongki-nongki lagiii huhuhu

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Mari menyambung silaturahmi dengan meninggalkan link blog saat berkomentar ^^