#DiRumahAja: Membuat Dalgona Coffee, Kopi Kekinian yang Sedang Viral

07.16.00



Sudah sekian hari #DiRumahAja dan mulai merindukan nongkrong ngopi di luar rumah.

Meskipun sebenarnya saya oke-oke saja jika disuruh ndekem di rumah, namun ada kalanya saya mencapai titik kebosanan ingin menghirup udara bebas di luar rumah dan nongkrong bertemu teman-teman. Seperti sekarang ini. Huhuhu~

Beberapa hari yang lalu, tetiba di linimasa twitter diramaikan dengan video tiktok sebuah resep kopi susu yang membuat saya tertarik untuk mencobanya. Dalgona Coffee, namanya. Atau banyak orang yang menyebut Kopi Tiktok gegara kopi susu ini diviralkan di aplikasi Tiktok.

Sebenarnya, Dalgona Coffee ini sama halnya dengan kopi susu biasa. Hanya saja, dalam penyajiannya, kopi di Dalgona Coffee dibentuk seperti busa (foam). Hal inilah yang membuat saya tertarik untuk mencobanya hihihi. Sekaligus melepas rindu akan kopi (meski sekarang saya tidak terlalu suka mengonsumsi kopi). Plus, bisa jadi alternatif untuk terus produktif, meski harus #DiRumahAja :D


Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan Dalgona Coffee ini antara lain:
  1. Nescafe Classic 2 sachet (bebas mau 1 atau 2 sachet, tergantung suka kopi atau tidak)
  2. Susu Frisian Flag Coconut Delight (sebenarnya bebas saja sih untuk varian susunya. Saya memilih Frisian Flag Coconut Delight karena saya sangat suka dengan susu satu itu! Nggak bikin eneg, malah ada gurih-gurihnya khas kelapa gitu, deh :D)
  3. Gula pasir 2 sendok makan (bebas, tergantung suka manis atau tidak)
  4. Air panas 2 sendok makan
  5. Es batu (bebas mau dibikin dingin atau hangat. Saya lebih suka dingin, sedingin sikap doi pada saya~)
  6. Mixer (bebas mau pakai mixer atau dikocok menggunakan sendok. Berhubung saya malas untuk mengocok lama, saya menggunakan mixer HAHAHAHAHAH)
  7. Doa semoga dilancarkan~

Cara Pembuatan

1. Berdoa agar diberi kesabaran dan kekuatan untuk membuat Dalgona Coffee

2. Siapkan alat dan bahan.

Lupa nyantumin mixer dan es batunya wqwqwq~

Bahan utama!

3. Campurkan Nescafe Classic, gula pasir, dan air panas dalam satu wadah. Untuk perbandingan nescafe, gula pasir, dan air panas, saya menggunakan perbandingan 2:2:2 . Kebanyakan sih pakai perbandingan 2:2:1 agar kental banget. Bebaskan, yang penting tidak terlalu encer.

Pokoknya dicampur kayak gini ehe~

4. Campurkan ketiga bahan di atas menggunakan mixer, atau juga bisa diaduk menggunakan sendok/alat pengaduk tepung, hingga warna kopi berubah menjadi kecoklatan dan mengembang.

Karena saya tidak telaten dan tidak sabar menggunakan sendok, jadi saya memilih menggunakan mixer biar cepat~

5. Taraaaa! Masih setengah jadi, gaes. Nah, nanti hasil akhir kopinya harus seperti ini, ya!

Adonan harus terlihat kecoklatan dan mengembang seperti ini, gaes!

6. Siapkan es batu (jika ingin es kopi) dalam gelas.


7. Tuang susu Frisian Flag Coconut Delight ke dalam gelas berisi es batu.


8. Tuang adonan kopi yang sudah dikocok tadi di atas kopi.

9. Sajikan selagi dingin maupun hangat.


10. Jangan lupa foto dulu #demikonten ~XD

Mohon maaf ini foto seadanya banget karena keburu magrib dan ini sehabis hujan, pula. HAHAHAHA. Dasar Andhira, hujan-hujan bukannya cari yang hangat-hangat, malah cari es!

Tidak terlalu rempong sih untuk pembuatan kopinya selain effort di mixer maupun mengaduk menggunakan sendok. Sangat melatih kekuatan otot tangan dan juga melatih kesabaran, tentunya! Heuheuheu~.

Modal yang saya gunakan pun tidak banyak. Cukup merogoh kocek tidak sampai 15 ribu saja. Itu saja Nescafe Classic-nya juga bisa digunakan beberapa kali pembuatan (dan sampai sekarang masih sisa lumayan banyak, dan sudah saya gunakan dua kali pembuatan kopi. Ehe). Susu Frisian Flag-nya kalau tidak salah hanya 5700-an saja.  Untuk bahan yang lain seperti gula, es batu, dan air panas, sudah ada stok sendiri di rumah. Salah satu upaya penghematan :D

Oh iya, saya sempat juga komentar di salah satu cuitan tweet seorang selebtweet yang menuliskan Dalgona Coffee menggunakan Frisian Flag  Coconut Delight itu enak. Dan tetiba tweet saya dibalas, dong! Hihihihi.








Semoga Dalgona Coffee ini bisa melepas rindu untuk ngopi di luar, ya! Tetap #DiRumahAja, stay safe, stay healthy, and happy!



With love,



Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

2 comments

  1. Susunya lagi promo di alfa eh,,, beli 3 gratis satu. Aku adalah salah satu penyetok susu kelapa hii

    BalasHapus
    Balasan
    1. WOOOHHH aku dewingi kok pas gak diskon hiksssss

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Mari menyambung silaturahmi dengan meninggalkan link blog saat berkomentar ^^