04: Tindakan Preventif Agar Terhindar dari Virus COVID-19

06.32.00




COVID-19 yang sejak akhir tahun kemarin menjadi sebuah wabah yang patut diwaspadai. Karena penularannya yang begitu cepat dan sudah banyak kasus orang meninggal akibat wabah COVID-19 ini.

Sejak dikabarkan kasus pertama di Indonesia, pemerintah mulai meningkatkan kewaspadaan dan melakukan banyak sosialisasi terhadap masyarakat melalui banyak media tentang COVID-19. Utamanya, tentang bagaimana cara untuk mencegah agar diri sendiri tidak tertular virus yang mematikan ini.

Beberapa usaha preventif yang saya lakukan untuk memutuskan rantai penularan COVID-19 diantaranya:

Membiasakan Diri untuk Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Perilaku hidup bersih dan sehat yang selalu digaungkan oleh GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), kini sudah diterapkan secara terus-menerus akibat dari adanya wabah COVID-19. Orang-orang tidak abai lagi mengenai PHBS ini. Diantaranya mencuci tangan menggunakan sabun, menerapkan etika batuk dan bersin, dan menggunakan masker ketika sakit agar tidak menularkan virus ke orang lain.

Tempat cuci tangan yang kini mulai bertebaran di setiap sudut kota

Menggunakan Masker Jika Keluar Rumah dan (Utamanya Jika) Sedang Sakit

Pengunaan masker yang dulunya hanya digunakan oleh petugas medis dan orang yang sakit, kini hampir semua orang menggunakannya. Bahkan, sempat terjadi kelangkaan masker medis di Indonesia, dimana begitu susah mencari masker di apotek. Jika ada pun yang menjual masker medis, dijual dengan harga yang melambung tinggi, bahkan ada satu kardusnya dijual mencapai harga satu buah motor.

Ternyata, ada banyak oknum nakal yang menimbun masker, membeli dengan jumlah banyak dan dijual kembali dengan harga yang fantastis, hingga petugas medis yang merupakan garda terdepan COVID-19 ini tidak memiliki masker dengan jumlah yang cukup.

Solusinya adalah menggunakan masker kain. Meski perlindungannya tidak seperti masker medis, tapi sudah bisa cukup mencegah droplets yang masuk ke mulut maupun hidung. Yang perlu diingat adalah tetap rutin untuk ganti masker dan mencuci setiap hari.

Tidak Keluar Rumah Jika Tidak Ada Kepentingan

Memilih untuk menaati anjuran dari pemerintah untuk tetap #DiRumahAja. Ke luar rumah hanya jika ada kepentingan seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari, mengirim barang. Jika tidak ada kepentingan, lebih baik di rumah saja. Terutama jika sedang sakit, meski hanya sakit ringan. ORA USAH NGENGKEL METU! (Tidak usah nekat keluar!)

Jaga Jarak dengan Orang Lain Minimal 1 Meter

Menjaga jarak untuk mencegah penularan virus COVID-19. Sedikit susah ketika sedang antre di swalayan maupun sedang di ATM. Tetapi sekarang banyak orang yang sadar akan pentingnya jarak, terbukti dengan adanya batas antre di tempat umum. Berasa seperti menjalani LDR (long distance relationship)~

Perbanyak Minum Air Putih, Makan Sayur dan Buah, Minum Vitamin, dan Olahraga Cukup

Yang kelima adalah menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Virus akan lebih susah menyerang jika kita memiliki ketahanan tubuh yang bagus. Beberapa cara untuk menjaga agar imunitas tetap baik adalah dengan memperbanyak makanan bergizi (sayur dan buah), perbanyak minum air putih, minum vitamin, dan tentunya mencukupkan olahraga.

Olahraga yang ringan-ringan aja, sih. Seperti pemanasan/stretching, mengikuti tutorial di YouTube yang sudah banyak bertebaran.

Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Beberapa kali saya melakukan berjemur diri di bawah sinar matahari sekitar jam 10 pagi. Tujuannya untuk memperoleh vitamin D yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh. Waktu yang diperlukan tidak perlu panjang, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja, karena matahari jam 10 pagi cukup terik hehehe. Jangan lupa memakai sunblock maupun sunscreen ketika berjemur, ya!

­------------------------------------------------------------------------

Semoga beberapa cara di atas bisa membantu teman-teman semua untuk mencegah penularan virus COVID-19, ya. Yuk, sama-sama saling bantu memutus mata rantai penularan COVID-19! Stay safe!

------------------------------------------------------------------------

Ditulis guna memenuhi tantangan dari Blogger Perempuan Network,



Love,



Andhira A. Mudzalifa


You Might Also Like

3 comments

  1. secara sadar berkat pandemi ini orang2 jadi lebih peka akan kebersihan dan kesehatan 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus terkena wabah dulu baru sadar pentingnya menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat huhuhu

      Hapus
    2. iyaa harus dicubit dulu baru kerasaaa

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Mari menyambung silaturahmi dengan meninggalkan link blog saat berkomentar ^^