Rekomendasi Kedai Kopi dan Kafe Nyaman di Blitar

07.35.00



Cukup banyak teman yang bertanya pada saya, “Ndir, kedai kopi/kafe yang paling enak di Blitar tuh dimana, ya?”

Saya sebenarnya cukup bingung kalau ditanya seperti itu. Mengingat saya nggak terlalu suka coba-coba kedai/kafe baru yang sedang grand opening saat itu juga (kecuali kalau memang buat kerjaan).  Mungkin gegara ketika saya ngeluyur  selalu  posting di beberapa media sosial yang saya punya, jadi banyak yang menyimpulkan kalau saya suka pindah-pindah kafe/kedai kopi. Padahal mah, enggak. Murni penasaran pengen coba-coba aja. Hehehe.

Bertahun-tahun nyobain kedai kopi/kafe kesana kemari (yang ada di Blitar), saya dapat menarik kesimpulan bahwa sebenarnya, saya hanya mencari kenyamanan kedai kopi/kafe, bukan mencari ketenaran maupun hitsnya.

Kalau untuk nyobain, okelah. Sekali atau dua kali datang berkunjung. Kalau sampai berkali-kali saya datang berkunjung ke tempat itu dan nggak bosan, berarti kedai kopi/kafe itu masuk dalam daftar rekomendasi kedai kopi/kafe nyaman versi Andhira. Heheheu.

Beberapa kriteria yang saya gunakan untuk menentukan kedai kopi/kafe itu menjadi tempat yang nyaman bagi saya untuk nongkrong adalah:

  •  Tempat
Tempat disini yang saya maksud nggak kudu instagramable. Saya bukan pecinta foto-foto, sih (Kecuali kalau untuk cari konten, ya. Itu aja seringnya moto tempatnya doang, nggak selfie. Heuheu). Yang penting, saya bisa nyaman berekspresi alias petakilan dan rame sak karepnya sendiri tanpa harus dipandang aneh oleh pengunjung lain. Dan yang paling utama, kedai kopi/kafe itu nyaman saya datangi ketika sendirian. Plus, suasana kedai kopi/kafe yang tenang dan nggak berisik.

  • Rasa
Kalau untuk rasa, hampir semua kedai kopi/kafe yang saya kunjungi sih, punya rasa yang sama. Standar. Tapi memang ada beberapa tempat yang saya memang suka sekali dengan menunya, sampai-sampai kalau ke tempat itu harus-wajib-fardu ‘ain pesen itu. Heuheu. Dan kesemuanya masuk di daftar ini :D

  •  Barista Ramah
Barista kedai kopi/kafe yang ramah menjadi nilai plus tersendiri bagi saya. Biasanya nih, yang membuat saya kembali lagi ke sebuah kedai kopi/kafe adalah baristanya yang bikin nyaman. Suka ngajakin ngobrol kesana kemari, bahkan dapet tips juga tentang percintaan wqwqwq. Saking akrabnya, udah kayak saudara sendiri.

  •  Harga
Satu poin penting yang nggak lupa adalah perihal harga. Yaaa, standarnya kopi sih sekitar 10 ribu-an, lah. Minuman teh-teh yang lain pun, sekitar 5 hingga 10 ribuan. Makanan juga nggak terlalu mahal, sekitar 10 hingga 20 ribuan. Pokoknya, masih standar dan ramah di kantong saya yang pekerja serabutan ini wqwqwq~

Yak, langsung saja bahas satu persatu. Barangkali tenyata ada kedai kopi maupun kafe nyaman versi kalian disini ;)

Ruang Tuang, Kota Blitar



Saya tak ragu lagi memasukkan Ruang Tuang sebagai kedai kopi ternyaman versi saya! Selain karena menu disini cocok di lidah saya, tempat ini membuat saya nyaman untuk nongkrong bersama teman, maupun datang sendirian. Bahkan, saya jadi punya banyak kenalan dan koneksi baru gegara sering nongkrong disini. Udah macam saudara sendiri.

Tulisan lebih lengkapnya bisa dibaca di RuangTuang: Bukan Sekadar Tempat Ngopi (klik)

Dapuroti Cake and Cafe, Kota Blitar



Selain karena lokasinya yang sekarang ini dekat dengan rumah, tempat ini memang sudah menjadi tempat favorit saya sedari dulu sejak sebelum pindah di lokasi yang sekarang. Eheuheuheu. Hampir semua menu yang pernah saya coba disini cocok dengan lidah saya, mulai dari menu seblak, roti bakar daun pisang, overload milkshake, dan juga aneka teh. Tempatnya pun tenang, nggak berisik. Nyaman banget bagi saya untuk sekadar mencari ketenangan maupun inspirasi.

Ulasan lengkap bisa disimak di Dapuroti Cake and Cafe: Nyobain Roti Bakar Daun Pisang (klik)


Kopi Yan, Garum, Kabupaten Blitar



Meski saya baru berkunjung sekali beberapa hari yang lalu, tapi saya langsung menemukan kenyamanan di kedai kopi yang terletak di Sawahan, Garum, Kabupaten Blitar ini. Tempat dan suasananya hangat, menu yang ditawarkan juga cocok di lidah saya, dan yang membuat saya senang, kedai kopi ini sudah tidak memakai sedotan plastik untuk penyajiannya! Jadi saya nggak harus repot-repot request buat nggak dipakein sedotan kalau kedai kopi/kafe itu masih menggunakan sedotan plastik.

Lebih lengkap tentang kedai kopi ini bisa dibaca di Ngobrol Nyaman Bersama Kawan di Kopi Yan, Blitar (klik)


Senyawa Kopi, Kota Blitar



Bukan kedai kopi yang instagramable, menurut saya. Nggak cocok buat yang cari spot foto OOTD maupun selfie. Bahkan bangunan dari kedai kopi ini seperti rumah biasa, yang dijadikan kedai kopi. Tapi entah mengapa, saya betah sekali berlama-lama disini. Selain karena selalu mengajak teman ngobrol yang menyenangkan, disini saya menemukan ruang baca dengan tempat yang nyaman dan koleksi buku cukup banyak. Selain itu, sama seperti dengan Kopi Yan, di kedai kopi ini juga tidak memakai sedotan plastik lagi!

Ulasan selengkapnya bisa dibaca di Senyawa Kopi: Nongkrong Tak Ada Canggung, Serasa Ngopi di Rumah Sendiri (klik)


 Kopi Loka, Kota Blitar



Mengetahui kedai kopi yang ada di Jalan Lawu ini sudah cukup lama, karena lumayan sering melintas di jalan ini. Tapi baru sempat mampir dua bulanan yang lalu, gegara baru ada niatan pengen nyobain. Dan ternyata cukup asik, dong! Unsur kayu-kayuan yang kental, bisa milih duduk santai di kursi maupun glesotan lesehan, dan menu yang saya coba waktu beberapa kali kesini juga cukup cocok di lidah saya (terutama donat dan es susu regalnya). Heuheu.

--------------------------------------------------

Sekali lagi, ini murni penilaian saya pribadi, ya. Karena ini blog punya saya pribadi, jadi nulisnya ya menurut sudut pandang saya pribadi HEHEHEHE. Jadi mohon maaf, jika ada kedai kopi maupun kafe yang sekiranya menurut kalian hits atau asik tapi nggak masuk dalam postingan saya ini. Bukan berarti kedai kopi maupun kafe itu jelek ataupun nggak enak. Bukan. Tapi memang belum masuk di kriteria nyaman menurut saya saja.

Bukankah selera orang itu berbeda-beda dan kita tak bisa memaksakannya? Hehehe.

Jadi, adakah daftar diatas yang merupakan kedai kopi maupun kafe favorit ternyaman kalian di Blitar? Atau kalian punya rekomendasi kedai kopi/kafe lain yang patut saya coba? Kuy, bagi pendapatmu di kolom komentar, ya!




Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

1 comments

  1. aku mek seneng neng Ruang Tuang karo Kopi Yan, dua tempat paling ekonomis dan paling nyaman gawe nongkrong neng Blitar :))

    BalasHapus

Silahkan berkomentar :) No SPAM and SARA ya ^^