23: Menu Lebaran Favorit

06.45.00



Ditanya perkara menu Lebaran di daerah masing-masing, saya sebenarnya cukup bingung karena tidak adanya menu spesifik dari daerah saya. Ada sih satu menu khas dari daerah saya, tapi bukan menjadi menu andalan ketika Idulfitri tiba. Mending memilih menu lainnya, ehe.

Ada beberapa menu Lebaran khas yang menjadi favorit saya (dan tentunya keluarga saya). Menu ini jarang-jarang ditampilkan saat hari-hari biasa, karena.... “Malas rempongnya”, kata Ibuk. HAHA. Akhirnya dipilihlah saat Lebaran saja atau ketika momen-momen spesial seperti saya lamaran, misalnya (enggak, ini hanyalah contoh momen spesial angan-angan saya).

Opor Ayam

Opor ayam selalu masuk jadi daftar menu favorit saya saat Lebaran tiba. Lupakan diet, lupakan defisit kalori sejenak. Opo ayam selalu sukses menggagalkan keinginan untuk makan sedikit saja. Minimal nambah nasi 1 centong. Nggak papa, sekali-kali. Belum tentu tiap bulan kayak gini, elak saya selalu.

Rendang

Belum Lebaran namanya kalau belum berpesta rendang. Hampir setiap tahun juga, menu ini juga ikutan nongol dalam dunia perkulineran Lebaran di keluarga saya. Meskipun tidak semenggoda opor ayam, tapi menu rendang ini juga sukses memanjakan lidah saya dan membuat saya andok nasi. Tentu saja Ibuk kegirangan melihat anaknya makan dengan lahap. Terima kasih, rendang!


Nasi Kuning

Nasi kuning menjadi permintaan wajib dari saya dan adik-adik saya (alhamdulillah, jadi ada pasukan) kepada Ibuk untuk dimasakkan di hari raya. Jarang-jarang soalnya Ibuk mau masak nasi kuning, karena malas berepot-repot ria. Biasanya saya merayu Ibuk untuk membuat nasi kuning dengan dalih, pumpung Lebaran lho~. Untungnya, beliau manut dan mau-mau saja hueheheheu.

Gurihnya nasi kuning membuat saya ketagihan dan berhasil menggugah selera makan saya. Nggak sadar buat nambah lagi, biasanya.

Sambal Goreng Kentang

Menu satu ini cukup sering ditampilkan selain hari lebaran, namun keberadaan menu satu ini tetap saya nantikan. Karena kriuk-kriuknya yang nagihi, dan gurih manisnya yang membuat rindu. Sebagai pelengkap ketiga menu di atas sih sebenarnya. Rasanya ada yang kurang jika belum ada sambal goreng kentang, ehe.

Kerupuk Udang

Pelengkap sederhana yang satu ini jarang ketinggalan jika Lebaran tiba. Bahkan, untuk tahun ini Ibuk sudah menyetok di rumah HAHAHA. Yaa, kerupuk udang menjadi salah satu ‘kerupuk mewah’ di keluarga saya, selain kerupuk rambak yang enaknya masyaaAllah tapi bikin nyeretin itu.

-----------------------------------------------------

Beberapa di atas adalah menu-menu favorit saya saat lebaran tiba. Memang bukan menu makanan khas dari daerah saya, tapi menu-menu ini yang menggugah selera makan saya ketika lebaran (dan menjadi salah satu faktor melebarnya saya saat Lebaran tiba). Hihi.

Kalau kamu, menu lebaran mana yang jadi favoritmu? Kuy tuliskan di kolom komentar!

-----------------------------------------------------

Ditulis guna memenuhi tantangan dari Blogger Perempuan Network



Love,


Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Mari menyambung silaturahmi dengan meninggalkan link blog saat berkomentar ^^