13: Channel dan Akun Favorit untuk Menambah Ilmu dan Inspirasi

08.13.00



Salah satu hal yang saya syukuri di kala pandemi ini adalah saya menjadi sering menghabiskan waktu di rumah. Tentu saja situasi ini saya manfaatkan untuk mencoba mengembangkan diri seperti berbenah, mencoba hal-hal baru seperti memasak, mendesain, mengaktifkan hobi lama saya yaitu membaca buku, dan belajar ilmu baru lewat media apa saja (asal hal-hal yang positif dan teruji kebenarannya hihi). Meski terkadang ada hari dimana saya hanya ingin bersantai (alias mager buat ngapa-ngapain hahahaha), tapi seringnya saya upayakan untuk tetap berkegiatan, meski bukan kegiatan yang ngoyo banget.

Berbicara tentang belajar ilmu baru, di masa sekarang ini banyak ilmu yang tersebar luas (dan kebanyakan secara cuma-cuma) lewat internet maupun sosial media. Ya, meski sejatinya sosial media merupakan pedang bermata dua alias dapat membawa pengaruh baik dan buruk, tapi sebenarnya itu tergantung pada pribadi masing-masing sih. Pintar-pintarnya dalam mengontrol diri, kalau kata orang-orang mah.

Saya pribadi lebih sering merasakan pengaruh baik dari internet sih dibandingkan dengan pengaruh buruknya. Beberapa diantaranya saya mendapat ilmu pengetahuan dan sudut pandang akan berbagai hal justru dari internet. Sebagian besar yang membentuk saya sekarang ini juga terpengaruh dari internet hehehe.

Beberapa akun di bawah ini adalah tempat dimana saya belajar akan berbagai banyak hal dan sudut pandang yang baru. Kategorinya random sih, nggak fokus terhadap satu bidang saja. InsyaAllah akun maupun channel yang saya rekomendasikan ini bermanfaat bagi kamu ;)

Living Loving (www.livingloving.net , akun YouTube: Living Loving)


Living Loving merupakan salah satu akun favorit saya sedari SMA, karena sering menampilkan pernak-pernik unyu nan menggemaskan! Selain itu, saya juga belajar untuk menata rumah, ruangan, maupun hidup minimalis (dan juga decluttering yang sempat saya tuliskan di sini). Seringnya saya kepo dari websitenya, sih. Sesekali juga lihat-lihat di YouTube Channel-nya. Hihi.



CraftingGeek (akun YouTube: https://www.youtube.com/user/craftingeek/)


Membuat prakarya adalah menjadi satu dari beberapa cara self healing favorit saya. Bahkan menjadi kegiatan favorit saya sejak SD. Pokoknya, yang berhubungan dengan pernak-pernik khas prakarya seperti gunting, kertas, pita, lem, dan juga alat mewarna, saya sangat suka. Nggak bisa diganggu gugat kalau sudah sibuk dengan benda-benda itu hihi.

Menemukan channel CraftingGeek beberapa tahun yang lalu serasa surga bagi saya yang maniak DIY (Do It Yourself). Tutorial yang dia jelaskan menurut saya mudah untuk dicerna dan juga jelas. Kreatif, pula. Apalagi jika bebikinan scrapbook. Saya banyak dapat inspirasi bebikinan juga dari channel ini, loh!



GaryVee (akun YouTube: https://www.youtube.com/user/GaryVaynerchuk/)


Gary Vaynerchuk atau lebih dikenal dengan GaryVee, merupakan salah satu orang yang menginspirasi saya. Banyak orang yang menjadikan dia motivator, karena gaya bicaranya yang memang ceplas-ceplos dan seringnya makjleb langsung nusuk. Membuat tersadar dan berpikir, ‘oh iya ya. Oh, gini ya seharusnya’ HAHAHA. Cinta sekali dengan GaryVee!



Danang Wisnu Wardhana (Akun YouTube: Danang Wisnuwardhana)


Danang Wisnu atau biasa disapa dengan Pakdhe Danang, merupakan seorang dentist atau dokter gigi yang doyan dengan skincare dan belajar banyak tentang skincare. Meskipun beliau seorang laki-laki, tapi penjelasan beliau sangat runtut dan jelas dimengerti dibandingkan dengan akun skincare enthusiast yang lainnya (terutama jika aksen medhoknya sudah keluar. Wah, favorit pol pokoke! Hahaha).

Saya belajar banyak tentang skincare dari akun beliau ini, mulai dari penggunaan facial wash hingga serum-serum yang banyak kali macamnya itu. Recommended!



Suhay Salim (Akun YouTube: https://www.youtube.com/user/suhay12/)


Akun beauty and skincare enthusiast yang menjadi favorit saya selanjutnya adalah My Queen, Suhay Salim! Semua yang beliau rekomendasikan memanglah racun semua. Dan super gokil kalau jelasin step by step nya hahaha. Wajib follow dan tonton videonya bagi pecinta makeup dan skincare!



TEDx Talks (Akun YouTube: https://www.youtube.com/user/TEDxTalks/)


Suka dengan akun-akun yang memberi inspirasi dan ujung-ujungnya bikin mikir? Nah, TEDx Talks inilah merupakan akun yang tepat! Banyak sekali video-video di sini yang ujungnya bikin saya tersadar dan terinspirasi. Topiknya pun seru-seru, tinggal memilih sesuai kebutuhan saja :D



Yulia Baltschun (akun YouTube: Yulia Baltschun)


Akun untuk belajar tentang diet dan tetek bengeknya, saya banyak percaya kepada beliau. Selain memang karena beliau banyak belajar dari yang ahlinya, beliau ini kalau menjelaskan enak banget dan runtut. Nggak pernah menekankan bahwa diet itu harus kurus dalam waktu yang singkat. Malah kebanyakan beliau menjelaskan bahwa diet itu adalah gaya hidup yang diterapkan sepanjang hidup. Realistis banget pokoknya :D



Thirty Days of Lunch Podcast (Akun Spotify: Thirty Days of Lunch)


Podcast yang digagas oleh Om @fellexandro dan Om @sheggario sejak 2018 ini banyak memberi insight baru bagi saya pribadi. Topik yang diangkat pun bemacam-macam, mulai dari hubungan, hingga topik ekonomi. Berasa seperti ngobrol yang ngalir, gitu. Bahkan mengundang langsung yang memang pakar-pakarnya, loh! Saya banyak belajar dari podcast ini.




Podcast Subjective (Akun Spotify: Podcast Subjective)


Akun podcast pertama yang saya ikuti adalah Podcast Subjective-nya dari Mas Iqbal Hariadi, bahkan saya ikuti podcast ini dari Soundcloud sebelum Spotify menjadi booming hihihi. Hampir sama dengan podcast Thirty Days of Lunch, sih. Banyak mengundang orang-orang yang ahli di bidangnya dan ngobrol ngalir yang menyenangkan sekali. Tentunya banyak sekali insight menarik yang saya dapatkan dari podcast ini :D


---------------------------------------------

Masih banyak sebenarnya akun maupun channel yang memberi saya inspirasi. Belum lagi akun akun inspirasi dari akun sosial media maupun website hahaha. Sekali lagi, ini adalah murni rekomendasi dari saya pribadi hehe. Namanya saja blog pribadi, jadi nulisnya juga dari sudut pandang pribadi hihihi.

Kalau kamu, apa saja akun maupun channel yang banyak memberi ilmu dan inspirasi baru? Kuy, tuliskan di kolom komentar :D

--------------------------------------------

Ditulis guna memenuhi tantangan dari Blogger Perempuan Network,



Love,



Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Mari menyambung silaturahmi dengan meninggalkan link blog saat berkomentar ^^