18: Ide Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Ramadan

05.43.00


Ramadan selalu dijadikan oleh banyak orang menjadi sebuah momentum untuk meraup banyak pahala yang diisi oleh aktivitas-aktivitas yang bermanfaat. Apalagi di tengah pandemi seperti ini yang dianjurkan untuk tetap #DiRumahAja. Makin-makinlah ini harus pintar-pintar mencari-cari ide agar betah di rumah saat Ramadan plus juga bisa beraktivitas yang bermanfaat (syukur-syukur jika menambah tabungan pahala yang masih belum seberapa ini, huhu).
Beberapa ide kegiatan di bawah ini adalah kegiatan yang sederhana, namun kaya akan manfaat. Nggak muluk-muluk, namun efeknya terasa. Dan tentunya, juga beberapakali saya lakukan, ehehe. Diantaranya:

Membaca Buku

Membaca buku menjadi ide kegiatan saat Ramadan yang pertama. Kegiatan yang nggak butuh banyak alat melainkan hanya niat, waktu, dan tentunya bahan bacaan. Buku bacaan yang dibaca haruslah sesuatu yang diminati atau disukai, agar tidak cepat bosan.
Untuk sumber bacaan sendiri, saya menyarankan mencarinya di iPusnas, sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Perpustakaan Nasional yang menyimpan ribuan koleksi buku digital. Semisal ingin membaca biku fisik, silakan saja! Bebaskan. Yang penting disesuaikan dengan kebutuhan pribadi ehe.

Buku yang saya pinjam melalui aplikasi iPusnas

Menulis

Menulis adalah ide kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan saat Ramadan tiba. Tidak harus menulis muluk-muluk seperti menulis novel, tuliskan saja kegiatan sehari-hari, atau hikmah-hikmah yang diambil saat Ramadan (ini pernah saya lakukan ketika Ramadan tahun 2017 dan 2018, kemudian karena suatu hal, saya memilih untuk tidak lanjut lagi di tahun-tahun berikutnya hehe). Bisa juga mengikuti tantangan menulis seperti yang sedang saya ikuti di Blogger Perempuan Network ehehe.
Aplikasi yang biasa saya gunakan untuk menulis adalah Blogger, Tumblr, dan Instagram. Iya, sosial media menjadi tempat saya menuliskan segala cerita karena ingin memanfaatkannya menjadi tempat yang bermanfaat (terutama instagram, sih. Ehe), selain hanya sekadar posting-posting tidak jelas.

Memasak

Meski instensitasnya tidak sering, namun memasak bisa menjadi satu dari kegiatan yang saya lakukan ketika Ramadan tiba. Memasak untuk keluarga dengan menu yang sederhana, tapi bikin sekeluarga doyan makan.
Bisa juga kalian lakukan untuk meningkatkan skill memasak dan memperkaya ide-ide resep masakan, loh!


Memasak yang sederhana, asal membuat kenyang dan bahagia

Menonton YouTube

Menonton YouTube tentu saja saya masukkan ke dalam ide kegiatan yang bisa dilakukan saat Ramadan tiba. Siapa sih yang tidak hobi menonton YouTube?
Tentunya, mencari-cari tontonan yang bermanfaat, menambah wawasan, dan meningkatkan skill, agar kuota yang digunakan tidak terbuang sia-sia hehe.
---------------------------------------------------------------
Kegiatan yang bisa dilakukan sebenarnya tergantung dari pribadi masing-masing, sih. Asal dilakukan dengan senang dan bahagia. Terutama dilakukan hingga tidak terasa azan magrib berkumandang ehe.
Kalau kamu, kegiatan apa yang kamu lakukan saat Ramadan ini? Yuk, berbagi cerita di kolom komentar!

-----------------------------------------------------

Ditulis guna memenuhi tantangan dari Blogger Perempuan Network




Love,



Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Mari menyambung silaturahmi dengan meninggalkan link blog saat berkomentar ^^