Berbagi Ilmu di Desa Genengan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar

05.48.00

"Sesuatu yang besar itu memang dimulai dari langkah setapak demi setapak. Santai aja. Dinikmati prosesnya."

Belajar berbagi melalui public speaking, adalah salah satu keinginan saya dalam hidup. Dan keinginan ini sempat saya tempel di vision board yang saya buat beberapa bulan lalu. Tapi saya cuma mikir, "Ya udah, lah. Tempel aja dulu. Doa aja dulu. Biar skenario Allaah yang jalan."

Emang bener deh ya, mimpi kalau ketemu sama kesempatan jadinya keajaiban. Rezeki.

Dan, kesempatan itu datang. Berawal dari Mas Pandu Aji Wirawan, yang tetiba kontak saya buat ngisi acara yang diadakan teman-teman KKN IAIN Tulungagung yang ada di daerah Genengan, Doko, Kab. Blitar. Pelatihan untuk para pelaku UMKM dan Karang Taruna di Genengan.


Kalau gak salah, itu H-2 acara. Terus rada gupuh, dong. Belum nyiapin apapun. Materi juga belum disiapin ~XD akhirnya ngebut bikin materi sehari dan kelar.
Agak deg-degan, sih. Soalnya baru pertama kali ngomong di depan orang banyak. Dan langsung terjun ke masyarakat, pula. Heheheu.

Saya disini membahas gimana cara memfoto produk yang menarik, hanya dengan menggunakan kamera handphone. Menekankan bahwa keterbatasan alat, tidak punya kamera bagus, bukan menjadi alasan untuk tidak berkarya. Mengajak beliau semua agar memaksimalkan fasilitas yang ada di handphone mereka.

Simpel, sebenarnya. Bukan materi yang muluk-muluk. Tapi butuh dilatih dan belajar banyak-banyak. Mengingat audiens kemarin kebanyakan ibu-ibu dan juga bapak-bapak :D

Belepotan dikit (apa banyak ya? Hahahahaha), namanya juga pertama. Noob. Harus belajar banyak-banyak. Ditambah mata saya pas lagi berair gegara kemasukan debu, pula. Jadinya pas presentasi agak gak konsen huhuhu. Tapi gapapa. Gak terlalu ngehalangi banget.

 Dari kiri ke kanan: Saya - Mas Pandu Aji - Adik Devi, sebagai moderator acara ini

Peserta pelatihan yang kebanyakan ibu-ibu ~XD


Pengalaman pertama! Alhamdlillaah



Kadang, diri sendiri emang butuh ditantang sesuatu yang baru biar berkembang. Gak cuma gitu-gitu aja. Meski awalnya gupuh, tapi di akhir plong banget. Lega.

Semoga sedikit yang dibagikan kemarin ada manfaatnya.

Terimakasih teman-teman KKN IAIN Tulungagung 2019 buat kesempatannya kemarin, ya! Terimakasih juga untuk anggota Karang Taruna Genengan dan warga Genengan yang meeupakan pelaku UMKM daerah Genengan.

Dan gak lupa terimakasih buat Mas Pandu Aji yang bilang, "Ngono wi ben wani ngomong" heuuuu dasar wkwkwk. Terimakasih atas kesempatan dan kepercayaannya, Mas!

Justru saya disini yang belajar banyak, loh!

Oh iya, btw waktu ngisi acara kemarin, saya dibawain oleh-oleh dari desa Genengan, yang memiliki kelompok asuhan mandiri tanaman obat keluarga terbaik se-Kabupaten Blitar.

Dan Blitar patut bangga. Karena Asman Toga Bersemi ini mendapat juara 1 Lomba Asman Toga Tingkat Nasional untuk Kategori Kawasan Desa waktu bulan November 2018 kemarin loh :D

Isinya ada Kerupuk Gaplek, Sirup Jahe, Jaslang (Jahe, secang, dan akar alang-alang) Instan, Souvenir Toga Kering, dan juga Krupuk Rengginang.

Kerennya lagi, ini semua sudah dikembangkan menjadi sebuah UMKM :D dan denger-denger, bakal dijadikan wisata edukasi juga! Semoga saja. Kita tunggu saja beritanya.



Kerupuk Gaplek  - Jaslang (Jahe, Secang, Akar Alang-alang) Instan, Kerupuk Rengginang, Souvenir Tanaman Obat, dan Sirup Jahe

Alhamdulillaah. Semoga kedepannya diberi kesempatan buat belajar lagi ^^




Love from Blitar,



Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

2 comments

  1. eh baru baca blognya mbak, ternyata temennya mas Pandu toh. hihi..
    tulisannya bagus mbak :) kalau lagi main ke Surabaya, bisa ikut pelatihan dari Google mbak, untuk public speaking dan pengelolaan usaha. :D semoga makin sukses yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho, Mbak juga temennya Mas Pandu kah? Astagaaa dunia sungguh sempit sekali hihihihi.
      Waaah, makasih, Mbaak :D tulisan Mbak juga baguuus :D
      waaah pengen ikutaaaan, butuh banget soalnya hihihi makasih infonya, Mbak :D
      aamiin, semoga Mbak juga makin sukses yaa :D dan semoga nanti bisa dikasih kesempatan buat ketemu Mbak :D hehehehe

      Hapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di blog ini, ya! Saya senang sekali jika teman-teman meninggalkan komentar di tulisan saya ^_^

Mari menyambung silaturahmi dan berkawan :) (saya anaknya nggak nggigit, kok :D)