Catatan Sembilan Tahun Ngeblog: Kok Gak Bosan, Sih?

12.44.00



Ketika iseng ngedit profil blogger, gak sengaja lihatin sisi sebelah kiri yang tulisannya adalah: On Blogger since March 2010.


Jadi udah 9 tahun banget nih saya ngeblog?! *ngebatin kemudian menangys terharu*

Well, gak nyangka ternyata udah sembilan tahun. Kalau disekolahin kira-kira udah kelas 3 SD lah (ini garing, Dhir. Plis).

*masih speechless*

Ehem. Oke. Pembahasan sedikit serius (dan sambil curhat). Ini ceritanya ngalor ngidul aja ya, sambil sedikit cerita kenapa betah banget ngeblog sampai sekarang hehehe. 

Pertamakali kenal blog itu waktu kelas 8 SMP. Awalnya gegara diajakin teman sekelas, Yosepha Debrina. Saya yang dasarnya suka nulis panjang alias curhat gak jelas, isenglah ikutan bikin blog. Kala itu, blog lagi booming-boomingnya. Saya bahkan dapet banyak temen blogger (sekarang kebanyakan udah pada gak aktif. Dan sekarang, saya lagi cari-cari temen blogger dari berbagai komunitas hihihi. Yuk mari kita berteman!)

Blog saya dulu isinya super duper gak jelas sama sekali. Kebanyakan curhat, cerita tentang keseharian, cerita tentang ulangan harian, ujian sekolah, ekstrakurikuler (maklum, dulu pertama ngeblog masih jaman SMP nan alay). Gak tau kenapa, setelah nulis itu rasanya plong banget. Rasanya kayak beban hidup terangkat (blah). Padahal mah, yang ditulis gak penting-penting amir WKWKWK. Dan postingan blog tahun 2010 sudah saya hapus semua, saking alaynya HAHAHAHA (sekarang rada nyesel sih kenapa main hapus aja gak ngebackup dulu huhuhu kan jadi bisa buat cerita wkwk. Cuma tersisa foto foto doang di album blog).

Desain blog juga ADUUUUH. AMPUN! Alay banget sumpah HAHAHAHA. Nih saya kasih tahu desain header pertama saya yang nggak banget wkwkwk.


Gimana? Sudah masuk dalam kategori alay, belum?

Beberapa kali ganti desain header pada jaman itu. Oh tentu saja semuanya menjijikkan wkwkwk :))



Editan ala-ala PhotoScape banget ya! HAHAHA.

Eh, dulu juga masih ada jaman-jaman ngasih award antar blogger loh! Dan senangnya, saya dapet banyak award dari teman-teman blogger hihihihi.










Tentunya, saya mengalami fase-fase alay dalam ngeblog dimana background blog sungguhlah mencolok mata dan diberi lagu. Astagah. Saya ini ngetik sambil ketawa-ketawa, inget betapa alaynya saya wkwkwk. Masih inget banget dulu blog ini saya kasih lagunya Jason Mraz yang Lucky. Soalnya suka banget sama lagu itu hihihi.


Baca tulisan alay saya yang masih tersisa: Jombloh? Emang Gue Pikirin! :p (klik)


Masuk SMA, saya mulai vakum ngeblog. Ada perasaan nyesel sih kenapa saya vakum selama hampir 4 tahunan. Dulu gegara saya sibuk sendiri plus kok ngerasa gak telaten buat ngetik. Padahal waktu SMA banyak banget cerita menarik (kebanyakan curhat juga sih). Plus saya waktu jaman itu belum punya kamera. Jadinya tambah males kalau mau posting tapi gak banyak foto. Rasanya aneh. Eh tapi saya sempet nulisin tentang dunia SMA saya setelah lulus 2 tahunan hihihi. Gapapa telat, yang penting bisa ketulis, meski gak semua inget hehehe (klik cerita 1) (klik cerita 2)

Kemudian mulai aktif blog lagi pada tahun 2015, dan mulai ngerombak total semuanya. Mulai dari desain blog yang dibikin lebih simpel, header, dan tentunya gaya bahasa dalam bercerita. Meski tetap gaya nulisnya gak berubah tetap bernada curhat, setidaknya tulisannya udah gak sealay dulu hehehe.


 Header blog pertama setelah rombak total. Dominan warna putih.


Meski sudah kembali ke blog, nyatanya saya juga masih nakal. Nulisnya masih jarang-jarang. Niatnya posting seminggu minimal satu post, eh belum keturutan. Huuuft, alesan sok sibuk terus ini mah. Keasyikan nulis di caption instagram, sih. Jadinya lupa kalau ada blog yang kudu diurusin heheheu (getok pala sendiri).

Tahun-tahun selanjutnya udah gak vakum lagi. Meskipun sebulan cuma nulis 1-2 post (kadang malah blas), tapi setidaknya masih ada sisa kenangan yang bisa saya tuliskan. Memori saya jadi gak hilang hehehe.


Sempat ganti header lagi sekitar tahun 2016 apa 2017 ya ini saya lupa ehehehe.

Setelah lulus dari dunia perkuliahan dan karena kerjanya sekarang fleksibel, saya pun mulai aktif ngeblog lagi. Saya tuliskan crafting-journey-life-thoughts pada header saya, karena saya ingin blog saya fokus ke tema itu. Dan alhamdulillah, sampai sekarang tetap konsisten. Meski seringnya tulisannya gak jelas juga WKWKWK.


So far, kembalinya saya menulis lagi di blog ini juga gak luput dari recokannya Mas Pandu, yang selalu ngoyak-ngoyak buat ngaktifin blog lagi. Malah sekarang saya jadi ketagihan buat ngeblog terus! Wkwkwk. Dan justru tahun ini kok ya malah on fire pingin posting ini itu setelah beli custom domain! Alhamdulillaah.

Tampilan blog saya yang sekarang, setelah 9 tahun

Kalau ditanya, bosan nggak sih sembilan tahun ngeblog? Kok kayaknya nggak ada bosan-bosannya gitu loh.

Enggak sama sekali! Belajar dari pengalaman yang dulu-dulu, saya justru nyesel pernah vakum ngeblog gegara terbatasnya media (harusnya ini bukan alesan sih hehehe). Soalnya saya anaknya pelupa abis. Jadinya setiap pengalaman maupun sesuatu yang sekiranya membuat saya terkesan, sebisa mungkin saya tulis. Suatu saat bisa saya jadikan bahan buat nostalgia maupun sumber penyemangat hehehe.

Bagi saya, menulis merupakan cara saya untuk berekspresi. Seperti halnya teman-teman yang lain yang berekspresi lewat foto maupun lainnya. Entah mengapa, rasanya ada kelegaan tersendiri jika sudah menuangkan semuanya lewat tulisan. Semacam self healing gitu loh. Hehehe.

Memilih menuangkan semuanya di blog karena di blog lah saya bisa menuliskan semua apapun yang saya pikirkan tanpa terpotong dengan karakter maupun rasa tak enak hati. Soalnya saya ngerasa gak enak ketika nulis panjang-panjang di caption instagram maupun status Facebook. Kurang lega. Ditambah lagi, saya takut teman-teman saya di Facebook maupun following dan followers saya terganggu dengan tulisan saya hehehe (meski itu hak masing-masing pengguna, sih. Tapi saya lebih enak nulis di blog).

Kalau di blog itu semacam buku diary tapi online. Lebih pribadi gitu (meski yang saya share juga bukan hal pribadi-pribadi amat). Dan saya percaya, gak semua orang mau mengakses blog saya dan mau baca tulisan saya. Gak kayak Facebook maupun Instagram yang lebih gampang diaksesnya gegara pertemanan maupun saling follow.

Ngomong-ngomong, saya berterimakasih sekali kepada teman-teman yang sudah mau membaca tulisan-tulisan saya di blog, yang mungkin sedikit banyak bercerita tentang saya pribadi (yang nggak saya ceritakan secara gamblang di sosmed manapun) yang tentunya tetap alay hehehe. Meski tidak ada yang membaca sekalipun, saya akan tetap menulis disini. Agar pikiran saya yang 'penuh' ini bisa sedikit lega. Dan tentunya semua kenangan-kenangan bisa saya bekukan melalui tulisan.

Semoga perjalanan sembilan tahun ngeblog ini dapat menjadikan semangat bagi saya untuk tetap ngeblog. Semoga tidak ada kata bosan! Ehehehe aamiin.

Semangat untuk tetap ngeblog dan berkarya!



Love,


Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

2 comments

  1. Keren-keren gitu headernya, minimal kreatif lah gak kayak saya hahaha
    Kalau saya bikin akun di blogger sejak 2008, tapi blog pertama saya entah saya hapus atau gimana, saya bingung diutak atik gak ada lagi.
    Blog saya sekarang itu pindahan dari wordpress yang dulunya lelet, jadinya balik ke blogspot lagi deh.

    Semangat terus ngeblog, jangan pernah bosan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah ada Mbak Rey ❤❤

      Headerku tapi alay poool Mbak. Hihihi.

      Aku seneng lihat blognya Mbak Rey, aktif mulu. Sampe minder akutu, terpancing terus buat produktif :D

      Semangat terus Mbaak! Terimakasih sudah berkenan mampir ke blog saya :D

      Hapus

Silahkan berkomentar :) No SPAM and SARA ya ^^