Kegiatan Sosial yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadan

11.37.00



Semakin dewasa, semakin memahami bahwasanya berbuat baik adalah salah satu sarana untuk membersihkan hati dan diri sendiri. Berbuat baik tak lagi sekadar ingin dipuji atau dipandang 'wah', namun demi ketenangan diri, juga menyadarkan bahwa manusia pantas menerima banyak kebaikan. Agak mbulet ya, bahasanya? Ahahaha. Pokoknya ya begitulah ~XD

Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk mendulang banyak pahala, sebab di waktu inilah setiap gerak kebaikan yang kita lakukan mendapat pahala yang berlipat ganda dari biasanya. Ini nasihat yang pernah saya dapat dari guru mengaji saya saat kecil dulu, yang membuat saya bersemangat untuk melakukan hal-hal baik. Yah, namanya juga anak kecil, masih pamrih dan transaksional banget ke Gusti Allah, ahahahaha.

Kegiatan sosial jadi salah satu kebaikan yang dapat dilakukan untuk meraup banyak pahala di bulan Ramadan. Berinteraksi dengan manusia-manusia baik lainnya, berbagi kebaikan dan keberkahan untuk meraih ridhaNya. Berikut adalah beberapa kegiatan sosial yang bisa kamu lakukan, baik secara individu maupun berkelompok:

1. Berbagi takjil


Berbagi takjil atau kudapan berbuka ini sering kali saya temui saat Ramadan. Berbagi bersama komunitas, teman sekolah, organisasi, bahkan beberapa instansi saya temui tatkala keliling kota. Kegiatan sosial yang cukup praktis, namun pahalanya luar biasa. Memberi makan orang berbuka adalah salah satu hal yang disukai olehNya.  

Cukup menyediakan makanan yang pantas dibagikan, lalu bagikan ke tempat-tempat ramai yang banyak orang berlalu-lalang di sana. Sering saya temui orang berbagi takjil ini di sekitar jalan raya atau di masjid-masjid.

Saya sendiri ada pro kontra terhadap fenomena berbagi takjil ini, kendati hal ini merupakan kegiatan positif. Pro, karena kegiatan ini jadi salah satu cara positif bagi manusia untuk berbagi kebaikan di bulan Ramadan. Di sisi lain ada hal yang membuat kontra, yakni saat berbagi takjil ini justru membuat jalanan macet, karena pendistribusian takjil ini hanya di salah satu sisi jalan saja. Yang harusnya segera sampai rumah untuk berbuka puasa, malah berjibaku dengan kemacetan hanya demi takjil gratis. Huhu~

Semoga teman-teman yang ingin berbagi takjil makin paham situasi, ya!

2. Buka bersama dan berbagi sembako di panti asuhan


Kegiatan sosial yang satu ini sering kali saya temui saat Ramadan. Berbagi kepada yang membutuhkan, untuk belajar berempati. Beberapa tahun lalu saya pernah lakukan ini bersama teman-teman satu komunitas, dan ternyata respons dari orang yang ada di panti begitu baik luar biasa. :'))

Untuk kegiatan satu ini tidak bisa dilakukan secara mendadak. Harus ada konfirmasi lebih dulu jauh-jauh hari, karena biasanya di panti ada jadwal sendiri setiap harinya. Pembagian sembako juga lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan panti, agar tepat sasaran dan lebih bermanfaat. Kalau mau lebih praktis bisa dalam bentuk uang. Bebas, yang penting niatnya. :D

3. Sedekah rutinan melalui portal online


Bila waktu dan gerak terbatas karena kesibukan Ramadan yang tak henti, ada satu kegiatan sosial yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus berpindah tempat, bahkan hanya dengan tiduran sudah bisa banget!

Yes, sedekah online!

Beberapa bulan terakhir saya coba sedekah online ini melalui aplikasi Kitabisa (bukan endorse, namun memang saya rasakan sendiri manfaatnya). Ternyata menyenangkan sekali! Memudahkan saya untuk terus konsisten meski saya tidak pantau, karena sudah saya atur otomatis berapa donasi saya, juga waktu donasi yang saya inginkan.

Selain Kitabisa, sepertinya juga banyak aplikasi penyedia jasa sedekah online ini. Namun saya sarankan di Kitabisa, karena menurut saya pribadi cukup mudah prosesnya. :D

--------------------------------------------------------------------

Itulah tiga kegiatan sosial yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan. Sesuaikan dengan kebutuhan, waktu, dan kemampuan diri sendiri. Dan yang paling penting: menjaga niat. Semoga selalu dimudahkan!

Kalau kamu, apa kegiatan sosial yang kamu lakukan saat Ramadan? Yuk, berbagi cerita di kolom komentar! ✨


Ditulis guna memenuhi tantangan dari Blogger Perempuan Network,

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di blog ini, ya! Saya senang sekali jika teman-teman meninggalkan komentar di tulisan saya ^_^

Mari menyambung silaturahmi dan berkawan :) (saya anaknya nggak nggigit, kok :D)