Soto Ayam Ala Dapoer Eco

16.19.00


Hari keempat tantangan dari Blogger Perempuan Network tetap bertema masak-masakan. Dan untuk kali ini temanya adalah soto! Salah satunya ialah soto ayam.

Kebetulan rencana menu hari ini di rumah saya adalah soto ayam. Hihihi. Sebenarnya saya sih yang minta. Gegara pengen soto ayam juga sih, plus modus buat postingan hari ini HAHAHAHAHAHA.

Eh ternyata saya ditinggal masak duluan sama Ibuk saya, Gaes! Duh sedih akutu huhuhu. Jadinya saya gak bisa moto prosesnya dari awal. Hanya bisa fotoin bahan bahan yang tersisa aja plus bentuk jadinya :( maafkan aqu, zobat pembaca~

Masak soto ayam itu agak agak rempong dan cukup menguras tenaga juga sih. Jadinya si Ibuk lebih sering beli bumbu jadi heheheu. Tapi tetep aja, yang namanya tukang masak mah tetep nambahin bumbu-bumbu, dong. Soalnya kata Ibuk tetep ada yang kurang kalau nggak ditambah bumbu sendiri. Oke bhaiqlaa~

Oh iya, ngomong-ngomong pada penasaran nggak, kenapa judulnya kali ini ada kata "Dapoer Eco"nya?

Yap, sebenarnya saya juga punya bisnis kuliner. Bisnis kecil-kecilan, nyalurin hobinya Ibuk yang memang suka masak dari dulu (dan anaknya kecipratan dikit wqwqwq). Dapoer Eco, namanya. Heheu. Saya mah cuma tim belanja, ngatur keuangan, terima orderan, antar kesana kemari, sama bantu dikit dikit. Selebihnya yang masak tetaplah Ibuk. Ehe. Saya masih takut buat masakin orang. Besok besok deh, masakin buat suami sendiri wkwkwkwkw :p

Oke, kembali ke topik.

Diatas sudah saya jelaskan kan, kalau bumbu soto itu cukup rempong? Heuheuheu. Nah, tadi selagi saya foto foto, saya sempat tanya tanya ke Ibuk, apa aja sih bumbu-bumbu soto ayam yang biasa beliau buat ini. Yang bikin anak-anaknya (dan para tetangga kalau ada acara tahlilan di rumah) ketagihan. Heuheuheu.

Yuk, mari kita kemon!

Bahan-bahannyaaa....

1. Ketumbar 
2. Merica
3. Jahe
4. Kunir
5. Laos
6. Daun Sereh
7. Bawang Merah
8. Bawang Putih
9. Daun Bawang
10. Daun Jeruk
11. Kemiri
12. Gula
13. Garam
14. Kentang keripik goreng
15. Mie Bihun
16. Sayur Kubis
17. Daun Kucai
18. Tauge Pendek
19. Air
20. Kerupuk Udang
21. Suwiran ayam


Nah, untuk takarannya, bisa dikira-kira sendiri ya gaes! Heuheuheu.

Memang saya tuh paling lemah buat nulis takaran yang pas HAHAHAHA. Maafkan. Kebiasaan suka mengira-ngira (makanya sering ngira kalau si dia suka sama saya, padahal mah kagak huhuhu lah ngapa curhat dah). Insyaa Allaah kalau posting masak-masakan lagi, bakal ngasih takaran yang cihuy, deh! Hehehe.

Cara Memasakyaaa....

1. Masukkan ketumbar, merica, jahe, kunir, laos, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, kemiri, gula, garam, di tempat ulekan. Kemudian ulek jadi satu sampai lembut (selembut kasih ibu).
2. Siapkan panci. Tuang air ke dalam panci. Masukkan bumbu ulekan ke dalam air.
3. Keprek daun sereh, masukkan ke dalam air berisi bumbu ulekan.
4. Masak hingga mendidih.
5. Tuang ke dalam mangkuk. Sajikan bersama daun kubis dan daun kucai yang sudah dipotong tipis, tauge pendek, mie bihun, suwiran ayam, dan kerupuk udang.

 Bahan-bahan yang sempat kefoto. Lainnya udah nyemplung. Huhu~

 Otewe menjadi soto~

Yang biasanya jadi rebutan selain kerupuk udang. Keripik kentang

Gimandose, Gaes? Cukup mudah ya memasaknya? Cuma bumbunya aja yang memang buanyak hahaha. Tapi kalau nggak ada salah satu, rasanya ada yang kurang :D

Tertarik untuk bikin soto ayam untuk menu berbuka maupun sahur?



Written with kepala ngelu karena ngafalin bumbu,



Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

6 comments

  1. Ayok dir segera masakin buat si ....
    Isi sendiri ya titik2nya 😊

    BalasHapus
  2. se-rempong itu kah masak soto?
    bukannya masak bebek yang lebih rempong? karena harus minta dansa empat kali.. belum lagi harus sorong ke kiri sorong ke kanan
    kan jadinya la la la la la la la la la

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambil nyanyi "putar ke kiri e.. nona manis putarlah ke kiri~" baaang. Biar mangstap ~~~

      Hapus
  3. Salam kunjungan dan follow disini ya :)

    BalasHapus
  4. Jadi pngen buat dirumah hehe

    BalasHapus

Silahkan berkomentar :) No SPAM and SARA ya ^^