Teman Kreasi Blitar Gandeng UMKM Kerajinan Perak

16.17.00

 


Selain wisata alamnya yang menarik untuk dijelajahi, Blitar merupakan salah satu daerah yang memilik produk unggulan daerah yang beraneka ragam dan kesemuanya menjadi produk khas dari kota ini. Sebagai salah satu warga dari Kota Proklamator ini, saya bangga dengan apa yang dihasilkan dari kota ini, mulai dari es drop dan es pleret yang menyegarkan, wajik kletik, sambal pecel yang khas akan rasa gurih pedasnya. Ada lagi jajanan opak gambir dan geti dengan rasa gurih dan manis yang khas, yang merupakan jajanan favorit saya, hahaha.

Yang membuat saya semakin bangga adalah, semua produk-produk ini ditampung dalam UMKM, yang mana membuat produk-produk ini semakin tertata dan jelas dalam pemasarannya. Saya cukup kagum dengan perkembangan UMKM di Blitar, yang mana produksi dan kualitasnya sudah dikenal luas, bahkan juga ada yang diekspor hingga ke luar negeri seperti kendang jimbe yang memang sudah terkenal sedari dulu.

Ternyata, ada salah satu gerakan yang membantu UMKM ini untuk terus berkembang, yang mana gerakan ini tidak hanya ada di Blitar saja, lho, melainkan juga gerakan socioenterpreneur ini tersebar di Indonesia. Yap, Teman Kreasi Indonesia, namanya.


Aji Perak, UMKM dari Blitar yang Digandeng Teman Kreasi Indonesia

Sebelumnya, apa itu Teman Kreasi Indonesia? Yaps, Teman Kreasi Indonesia adalah wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital. Saat ini telah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota. Masing-masing Teman Kreasi Indonesia dikelola oleh ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya.

Aji Perak adalah salah satu usaha kerajinan perak dari Blitar yang digandeng oleh Teman Kreasi. Aji Perak sendiri melayani pemesanan berupa cincin perak, yang mana cincin ini dipesan sesuai dengan permintaan pembeli, mulai dari acara pertunangan, pernikahan, maupun untuk dimiliki pribadi.

Pada awalnya, Aji Perak ini hadir hanya untuk mengisi waktu luang si penjual Tak menyangka bila peminat dari cincin perak ini cukup banyak, hingga bisa berkembang dan pasarnya mulai meluas. Aji Perak mencoba memasarkan produknya lewat internet, yang mana justru pasarnya cukup banyak lewat sini. Hingga pada akhirnya Aji Perak ini bertemu dengan Teman Kreasi Indonesia, di mana keduanya berkolaborasi dan semakin banyak belajar mengembangkan bisnis ini melalui internet alias online. Keren sekali! Rasanya jadi ingin pesan cincin di sini bersama pasangan. ~XD *eh, salah fokus, wkwk*

Produk dari Aji Perak, UMKM yang digandeng oleh Teman Kreasi Blitar


Anu, ini cincinnya kok menggiurkan sekali untuk dipesan, ya? Wkwkwk. Hayo, jangan salah fokus, Andhira! ~XD


Mengenal Lebih Jauh Teman Kreasi Indonesia

Teman Kreasi Indonesia

Seperti yang saya jelaskan di atas, Teman Kreasi Indonesia merupakan wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.

Berawal di bulan Juni tahun 2019, yang mana CSR bidang Industri Kreatif berfokus untuk Komunitas Topi Bambu Tangerang. Kemudian di bulan Januari 2020, Smartfren Community mendirikan Rumah Kreatif pertama di Kabupaten Bandung Barat, yang mana ini merupakan cikal bakal berdirinya Teman Kreasi Indonesia. Dua bulan setelah itu, tepatnya di bulan Maret 2020, Teman Kreasi Idonesia diluncurkan secara resmi oleh Smartfren, yang memiliki tujuan membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif.

Ada tiga program utama yang terdapat dalam Teman Kreasi Indonesia ini, di antaranya: 1) Kelas online melalui media digital bertema pengembangan bisnis, 2) Event hybrid untuk promosi usaha dengan protokol kesehatan ketat, dan 3) Pendampingan atau bussiness coaching secara virtual.

Hingga saat ini, Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia telah melaksanakan beberapa kegiatan yang membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di berbagai kota di Indonesia, sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka. Produk unggulan yang diwadahi Teman Kreasi Indonesia ini bermacam-macam, lho! Mulai dari produk fashion, kerajinan bambu dan kopi, penulisan buku, percetakan, madu, bimbel, event organizer, kerajinan perak, forwarding, digital marketing, kuliner, dan masih banyak lagi. Keren banget pokoknya!


Smartfren Raih Anugerah Inovasi Indonesia 2021 Melalui Teman Kreasi Indonesia

Penghargaan IDX Award bidang Sustainability yang dianugerahkan kepada Smartfren untuk kedua kalinya.

Perkembangan Teman Kreasi Indonesia ini pun mendapat buah manis. Berkat hal yang dilakukan Teman Kreasi Indonesia sejak tahun 2020 lalu, Smartfren telah dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik dan meraih Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Mantulity pol! Sebelumnya, di tahun lalu, Smartfren mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility pada Smartfren Community.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren saat menerima penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.”

Selamat untuk Smartfren yang telah meraih penghargaan dari IDX Channel Anugerah Inoveasi Indonesia selama dua tahun berturut-turut! Semoga apa yang diraih dapat menjadi pemacu untuk melakukan lebih banyak inovasi dan hal bermanfaat yang dampaknya dapat dirasakan masyarakat luas. Aamiin.



Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di blog ini, ya! Saya senang sekali jika teman-teman meninggalkan komentar di tulisan saya ^_^

Mari menyambung silaturahmi dan berkawan :) (saya anaknya nggak nggigit, kok :D)