Smartfren WOWLabs: Wadah Kokreasi untuk Generasi Konten

15.48.00


Tak terasa hampir tujuh tahun sudah saya berkutat dengan dunia dagang. Di mana saya dituntut untuk terus kreatif dan inovatif agar tidak ketinggalan zaman dan terus berkembang. Banyak produk yang saya ciptakan, hasil dari mencari banyak inspirasi dari berbagai sumber dan saya modifikasi. Ya, perlu adanya modifikasi agar tidak dikira plagiasi ~XD

Jika menarik ke belakang lagi, saya ingat bagaimana awal mula pertama kali saya mencoba bisnis ini. Bermula dari hobi desain doodle sejak kelas 2 SMA, kemudian ada satu teman yang menyarankan untuk dijual. Ternyata gayung pun bersambut. Berkolaborasi dengan sahabat saya sedari SD, saya pun memberanikan diri untuk membuka usaha baru. Padahal saat itu merupakan tahun akhir sekolah, di mana tahun-tahun itu mulai puyeng-puyengnya tugas dan ujian akhir, AHAHAHAH. Hingga kemudian bisnis ini pun berkembang, dari yang hanya pekerjaan sampingan menjadi bisnis tetap saya hingga sampai saat ini.

Sebagaimana saya sebutkan di awal postingan, pekerjaan saya sekarang ini dituntut untuk terus kreatif dan berinovasi. Seringkali saya mencari-cari ide untuk membuat produk baru, yang kemudian saya kembangkan dan modifikasi dengan ciri khas saya sendiri. Cukup menantang, tapi terkadang juga melelahkan. Meski seringnya banyak hal menyenangkan yang saya lalui karena saya menjalaninya dengan hati yang senang. Berawal dari hobi, berkembang menjadi pundi-pundi rezeki. Hihi.

Berbicara mengenai kreatif dan inovatif yang tanpa batas, di era sekarang ini dibutuhkan wadah untuk menampung generasi muda yang penuh dengan ide-ide kreatif, di mana generasi ini nantinya dapat lebih berkembang lagi dan dapat saling berkolaborasi untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara kreatif dan inovatif. Beruntungnya, beberapa hari lalu saya menemukan informasi mengenai wadah kolaborasi menarik dari Smartfren, yang bernama WowLabs.

Smartfren WOWLabs: Wadah Kokreasi untuk Generasi Konten

Diluncurkan pada tanggal 3 Desember 2020 yang lalu, WOWLabs menjadi wadah bagi generasi konten sebagai tempat berkolabrasi. Melalui wadah ini, Smartfren ingin memberikan dukungannya supaya generasi muda di Indonesia dapat selalu berkreasi tanpa batas, mewujudkan ide–ide dan karya mereka sehingga dapat mengubah wajah Indonesia.

Peluncuran Smartfren WOWLabs

Dalam peluncurannya melalui kanal YouTube Smartfren, Roberto Saputra yang merupakan Chief Brand Officer Smartfren mengatakan, “Lewat WOWLabs, kami ingin mewujudkan semangat kokreasi untuk bersama-sama mengembangkan satu wadah yang berkontribusi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Kami akan mulai dari membuat produk khusus yang hasil penjualan seluruhnya didedikasikan untuk memberikan akses internet pada sekolah dan siapapun yang membutuhkan. Harapannya, semangat kokreasi ini lebih dari sekadar menginspirasi, tapi juga turut membuka peluang berusaha serta mengembangkan diri untuk banyak orang. Smartfren WOWLabs merupakan sebuah kanvas kokreasi dari, oleh, dan untuk kita semua.”

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren

Di peluncuran WOWLabs ini Smartfren menggandeng beberapa brand dan kreator lokal yang memang ahli dalam bidangnya masing-masing. Seperti Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan AHHA Official Store.

Melalui WOWLabs ini, Smartfren dan brand serta kreator lokal tersebut akan bersama-sama kokreasi produk limited edition. Saat ini, produk pertama yang sudah tersedia di pasaran adalah sepatu limited edition buatan Pijak Bumi dan kaus kaki buatan Stayhoops yang keduanya dibuat dengan desain karya Addy Debil.

Sepatu dan kaus kaki limited edition, produk pertama dari WOWLabs

Cerita Tentang Brand dan Kreator Lokal di Balik Peluncuran WOWLabs

Hana Madness dan Show the Monster adalah kreator lokal yang fokus pada pengelolaan intellectual property (IP) berupa desain karakter. Ada kisah unik di balik berbagai karakter yang dibuat oleh kedua kreator ini. Hana Madness, bernama lengkap Hana Alfikih, membuat karyanya dengan inspirasi dari pergelutan pribadinya dengan kesehatan mental. Sedangkan Show the Monster merupakan sebuah tim yang dipimpin oleh Evan Aditya untuk mengembangkan IP berupa desain karakter berbentuk macam-macam monster.

Hana Madness, sosok yang membuat karya dengan mendapat inspirasi dari pergelutan pribadinya dengan kesehatan mental.

Sementara itu AHHA Official Store dan Stayhoops merupakan brand lokal yang dikenal memproduksi berbagai produk fashion. AHHA Official Store merupakan brand lokal milik kreator konten Atta Halilintar, yang memproduksi berbagai produk fashion anak muda seperti outer dan t-shirt. Sedangkan Stayhoops adalah brand lokal yang memproduksi antara lain kaus kaki dan masker.

Atta Halilintar, pemilik brand lokal bernama AHHA Official Store. AHSIAAAAPPPPP~~~~

Sebagian hasil penjualan produk limited edition tersebut akan digunakan memperkuat pembangunan berbasis komunitas di seluruh wilayah operasional Smartfren. Salah satunya dengan menyalurkan komputer dan sarana pendukung kegiatan ekonomi kreatif serta pendidikan melalui Rumah Kreatif Smartfren. Saat ini, Smartfren Community memiliki 11 Rumah Kreatif yang antara lain berada di Natuna, Tangerang, Cilegon, Bojonegoro, Surabaya, dan Cilacap.

-------------------------------------------------------------------------------

Semoga WOWLabs nantinya bisa menjangkau seluruh Indonesia dan menggandeng kolaborasi dengan banyak konten kreator lainnya. Pun semoga nantinya Rumah Kreatif yang didirikan oleh Smartfren ini bisa hadir juga di kota tempat saya tinggal sekarang. Ada amin? ~XD

 

 Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

13 comments

  1. Great web site. A lot of useful information here. I’m sending it to several friends ans also sharing in delicious. And obviously, thanks in your effort! 야설
    Feel free to visit my blog :
    야설

    BalasHapus
  2. Very good information. Lucky me I recently found your website by accident I have book marked it for later!
    일본야동
    Feel free to visit my blog : 일본야동

    BalasHapus
  3. This blog is very informative the stuff you provide I really enjoyed reading 국산야동
    Feel free to visit my blog : 국산야동

    BalasHapus
  4. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article. I am hoping the same best work from you in the future as well. 일본야동
    Feel free to visit my blog : e 일본야동

    BalasHapus
  5. I have read your blog it is very helpful for me. I want to say thanks to you. I have bookmark your site for future updates.
    야설
    Feel free to visit my blog : 야설

    BalasHapus
  6. Howdy, i read your blog occasionally and i own a similar one
    and i was just wondering if you get a lot of spam comments?

    If so how do you prevent it, any plugin or anything you can suggest?
    I get so much lately it’s driving me mad so any assistance is very much appreciated.JOIN US 오피월드


    3YOUNGYANG

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di blog ini, ya! Saya senang sekali jika teman-teman meninggalkan komentar di tulisan saya ^_^

Mari menyambung silaturahmi dan berkawan :) (saya anaknya nggak nggigit, kok :D)