Piknik Tipis-tipis ke Kebun Rojo: Wisata Murah Meriah di Tengah Kota

13.25.00

Baru sadar kalau bulan Oktober ini, wisata di kota saya sudah mulai dibuka untuk umum. Saya yang notabene memang sudah merindukan suasana tempat wisata, langsung membuat rencana mengagendakan wisata ke sana ke mari. Namun apa daya, waktu ternyata tidak berpihak kepada saya (ceileh, bahasanya sok puitis banget, ya? Hahahahaha ~XD). Pingin wisata, tapi waktunya nggak ada wkwkwk. Nasib jadi orang sok sibuk. ~XD

Jebul ndilalah, ternyata ada waktu satu hari di pagi hari buat piknik tipis-tipis. Asyiiiik, akhirnya! Berhubung waktu kosong yang saya punya hari itu tidak terlalu banyak, jadi saya memilih tempat wisata yang dekat dengan rumah, agar tidak membuang banyak waktu saat perjalanan (meski pada dasarnya saya sangat menyukai perjalanan, haha.). Akhirnya, saya pilih Kebun Rojo, wisata kebun rakyat yang ada di tengah Kota Blitar.

Lokasi dan Tiket Masuk Kebun Rojo, Wisata Kebun Rakyat Blitar

Kebun Rojo terletak di Jalan Diponegoro, Kota Blitar. Di mana jarak tempat wisata ini dengan rumah saya cukup dekat, tidak sampai 5 kilometer. Yah, mungkin hanya ditempuh 5 menit saja, hahaha. Saya di sini mengajak partner saya, yang kebetulan doi juga bisa mengadakan waktu untuk menemani saya berpiknik ria, hahaha. Kebetulan juga kami belum pernah piknik bersama, dikarenakan tempat wisata semua pada tutup karena PPKM, wkwk. Jadi baru pertama kali ini nih kami piknik! ~XD

Tiket masuk ke Kebun Rojo ini nol rupiah alias gratis, teman-teman! Wisata yang murah meriah sekali, bukan? Cukup hanya bayar parkir saja (sekitar Rp3000 untuk sepeda motor), sudah bisa menikmati fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata ini. :D

Wajib Menjaga Protokol Kesehatan dan Check-in Menggunakan PeduliLindungi

Meskipun di kota saya sudah PPKM Tingkat 1 dan memasuki era new normal, tetap saja protokol kesehatannya tidak boleh kendor. Saat piknik kemarin, wisata ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat; wajib menggunakan masker, cek suhu badan, dan juga wajib mencuci tangan sebelum masuk ke tempat wisata. Alhamdulillah, saya dan partner juga sudah vaksin lengkap, jadi tidak terlalu khawatir ke mana-mana.

Oh iya, kemarin juga baru pertama kalinya saya check-in menggunakan PeduliLindungi. Lumayan mudah dan tidak terlalu ribet. Cukup isi nama dan NIK, serta memindai barcode Kebun Rojo. Begitu pula saya check-out, cukup dengan memindai barcode saja. :D

Kebun Rojo, Wisata di  Pusat Kota dengan Suasana yang Sejuk

Alasan saya memilih Kebun Rojo sebagai tujuan wisata saya kali ini adalah, selain memang dekat rumah, tempat ini juga terkenal akan kesejukannya. Menjadi oase di tengah hiruk pikuknya kota. Kebetulan juga saya juga sedang butuh tempat yang adem-adem seperti ini, hahaha. Kalau bahasa anak millenial dan generasi Z sekarang sih, healing. ~XD

Partner jalan-jalan, wqwqwq. Alhamdulillah, sekarang kalau jalan-jalan sudah tidak sendiri lagi ahahahahaha. ~XD

Kemarin saya ke sini masih pagi, jadi suasananya tidak terlalu padat dan suasana sejuknya terasa banget. Menyenangkan sekali.  :D

Wisata Ramah Anak dan Sebagai Sarana Edukasi

Selain terkenal dengan suasananya yang sejuk, Kebun Rojo ini juga kondang akan tempat wisata yang ramah anak. Ini dibuktikan dengan ketersediaan fasilitas permainan untuk anak, mulai dari ayunan, jungkat-jungkit, patung hewan yang bisa dinaiki, hingga berbagai permainan motor dan mobil-mobilan. Cukup banyak anak kecil yang saya temui kemarin, menikmati fasilitas permainan yang ada di sini. Orang tua pun tidak perlu susah payah dan jauh-jauh mencari tempat wisata yang ramah untuk anak. Hahaha. Saya yang bukan anak kecil lagi ini senang bermain ayunan di sini, loh. Seru, soalnya. ~XD

Di taman ini juga terdapat beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang masing-masing jenisnya diberi label nama dan informasi lengkap tentang hewan dan tumbuhan tersebut, yang mana dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi untuk anak-anak mengenal berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Jadi paket lengkap deh kalau ke Kebun Rojo, bermain sambil belajar. Saya juga belajar banyak tentang hewan dan tumbuhan loh di sini. :D

Foto favorit dan paling lama ngambilnya, karena nunggu si Merak hadap ke kamera dulu, hahahaha. ~XD

Tips Wisata ke Kebun Rojo di Kala Pandemi

Karena saya wisatanya sedang ada di masa pandemi, mungkin tips-tips ini juga bisa diterapkan untuk teman-teman yang akan berkunjung ke Kebun Rojo saat pandemi:

1. Wajib memakai masker dan menjaga protokol kesehatan. Juga, jangan lupa untuk menyiapkan aplikasi PeduliLindungi untuk check-in dan check-out dari lokasi

2. Pilih waktu yang tepat. Kalau menurut saya sendiri sih saat pagi hari jam 8 pagi atau sore hari jam 3 sore. Tapi mengingat bulan Oktober sudah memasuki musim penghujan, saya sarankan untuk mengunjungi lokasi ini sebelum jam 1 siang, karena hujan di sini biasanya mulai jam 1 siang.

3. Bawa bekal dan alas duduk sendiri, agar terasa piknik yang sesungguhnya, hahaha. Sebenarnya ini opsional, sih. Kemarin saya juga tidak membawa bekal banyak dan tidak membawa alas duduk. Tidak jadi masalah, karena di Kebun Rojo disediakan banyak sudut-sudut tempat duduk yang nyaman.

4. Pastikan tetap terhubung dengan internet untuk update status dan story di media sosial! ~XD

Berhubung saya anak konten banget, saya memastikan untuk tetap tersambung dengan internet agar mudah jika mengunggah konten langsung ke media sosial. Saat di Kebun Rojo kemarin, saya memakai provider Smartfren untuk tetap terhubung dengan internet. Pas banget nih, sekarang ada Program Mystery Box #OktoBERHADIAH. Membuat saya makin semangat untuk mengumpulkan SmartPoin dan menukarkannya dengan berbagai hadiah yang ditawarkan. :D

Oh iya, hadiah yang ditawarkan juga beragam, loh. Mulai dari paket data, pulsa, fashion, beauty, voucher makanan, dan masih banyak lagi. Caranya pun cukup mudah, tinggal install aplikasi MySmartfren dan kumpulkan SmartPoin dari transaksi pembelian pulsa, kuota, atau juga bisa mengumpulkan poin dari bermain game POP Quiz dan Stratch2Win. Gampang banget, kan?

Program Mystery Box #OKTOBERHADIAH ini berlaku mulai tanggal 18 Oktober 2021 hingga 31 Oktober 2021 saja! Pastikan jangan sampai ketinggalan, ya! Selamat mengikuti programnya, teman-teman! :D