Peluncuran Teman Kreasi Indonesia: Wadah Pengembangan dan Penguatan Komunitas Kreatif di Masyarakat Indonesia

08.57.00

 


Kolaborasi adalah salah satu cara yang kini banyak dilakukan oleh para pelaku usaha agar usaha yang dilakukan semakin berkembang. Tak lagi memikirkan kompetisi antarusaha, namun bergerak bersama-sama untuk saling menumbuhkan inovasi dan menyebar manfaat yang lebih luas lagi.

Berbicara mengenai hal di atas, ada program menarik yang baru diluncurkan tanggal 25 Maret 2021. Adalah Taman Kreasi Indonesia, sebuah program baru yang diluncurkan oleh Smartfren, yang berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat.

Teman Kreasi Indonesia: Menjunjung Tinggi Prinsip Kokreasi

Teman Kreasi Indonesia yang dihadirkan Smartfren ini memiliki prinsip kokreasi yang saling mendukung, di mana hal ini diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak wirausahawan sosial, wirausahawan digital, serta kreator lokal di Indonesia.

Program Teman Kreasi Indonesia berjalan melalui dukungan yang sinergi antara Smartfren, WOWLabs dan Smartfren Community. Smartfren sebelumnya telah meluncurkan WOWLabs sebagai platform kokreasi untuk generasi konten, dan melahirkan berbagai produk edisi terbatas. Karya terbaru kokreasi tersebut berupa jersey pesepeda dari Common Spot dan Show The Monster, akan dijual dan sebagian hasilnya digunakan sebagai modal pendukung kegiatan Teman Kreasi Indonesia.

Lima keyword dari Teman Kreasi Indonesia, disebutkan oleh Dani Akhyar selaku Head of Community Development dari Smartfren di antaranya membuka peluang seluas-luasnya untuk generasi muda agar bisa berkreasi lebih bagus lagi, kokreasi, social digital product, local-local heroes, dan suistanable community development.

Menarik sekali, bukan?

Makna Logo Teman Kreasi Indonesia

Dijelaskan oleh Roberto Saputra yang merupakan Chief Brand Officer dari Smartfren, logo Teman Kreasi Indonesia ini berkonsep anyaman, yang mana konsep ini untuk menunjukkan bahwa apabila bersama-sama, akan menjadi kuat. Saling membantu dan saling menopang. Smartfren tidak bisa berdiri sendiri. Dengan adanya dukungan pengguna Smaartfren yang setia, Smartfren berinisiatif menjadi menggerak untuk memajukan UMKM.

Logo yang sejak awal saya dibuat penasaran olehnya, ternyata memiliki makna yang begitu mendalam.

Mengulik Teman Kreasi Indonesia Lebih Dalam

Saat ini Teman Kreasi Indonesia telah hadir di banyak kota yang tersebar di seluruh Indonesia, antara lain di wilayah Natuna, Lampung, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Lebak, Cilegon, Serang, Bekasi, Bandung, Bandung Barat, Garut, Cibungur, Tegal, Kuningan, Pekalongan, Cilacap, Blitar, Bojonegoro, Pati, Tanah Laut, Mojokerto, Surabaya, dan Bali.

Rencananya Smartfren akan menghadirkan program tersebut di berbagai wilayah lain yang sudah dijangkau oleh Smartfren Community. Produk yang dihasilkan dari program Teman Kreasi Indonesia ini antara lain berupa kuliner lokal seperti keripik gedebog pisang, keripik daun jeruk, keripik jantung pisang, kopi robusta, dan ledre.

Peserta program Teman Kreasi Indonesia mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan wirausaha online. Dengan dukungan tambahan berupa jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 100 kota di seluruh wilayah Indonesia, diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100% lokal sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren mengatakan, “Kehadiran Teman Kreasi Indonesia adalah bukti bahwa sinergi antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat dapat membuka peluang menuju Indonesia yang lebih baik. Kami yakin Teman Kreasi Indonesia dapat menjadi medium memperkuat ketahanan ekonomi serta pendidikan berbasis digital. Apalagi Smartfren memiliki keunggulan berupa koneksi internet yang 100% 4G LTE yang sangat penting dalam mendukung pengembangan wirausaha berkonsep digital dan sosial.”

Dani Akhyar, Head of Community Development Smartfren menambahkan, “Peluncuran Teman Kreasi Indonesia adalah tonggak bagi upaya Smartfren mewujudkan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas dan internet. Saat ini program ini telah hadir di 24 kota, dengan dukungan dari Smartfren Community dan partner kokreasi Smartfren WOWLabs. Kami selalu terbuka dan aktif mencari kota-kota lain yang ingin bergabung sebagai keluarga Teman Kreasi Indonesia, serta bersama-sama membuka peluang baru.”

Cerita dari Teman Kreasi Indonesia

Dalam peluncuran Teman Kreasi Indonesia ini, Smartfren menghadirkan 4 orang yang menjadi bagian dari Teman Kreasi Indonesia, yang kesemuanya memiliki cerita menariknya masing-masing. Antara lain:

Evan, founder Show The Monster


Show The Monster merupakan bentuk aspirasi dari Evan terhadap monster. Karena Evan merasa bahwa monster merupakan bentuk ekspresi manusia yang paling inti. Show The Monster ingin mengajak para penggunanya untuk melihat sesamanya dengan apa adanya, untuk mengekspresikan dirinya sendiri dengan apa pun yang dimau.

Evan bersama Show The Monster membuat karakter ekslusif di mobil Atta Halilintar, yang merupakan brand ambassador dari Smartfren. Karakter yang digambar adalah topeng kosong, yang merupakan simbol ekspresi paling inti, yang dibuat selama sehari penuh. Evan tak menyangka jika kolaborasinya bersama Smartfren membuka peluang-peluang lain, salah satunya kolaborasinya bersama Common Spot.

Yohanes Handy, founder Common Spot


Berawal dari hobi bersepeda pada awal tahun 2019, ia sedikit kesusahan mencari produk jersey sepeda. Hal ini membuat Handy mencoba membuat desain jersey sendiri. Ternyata, banyak teman-teman komunitas Handy yang mengapresiasi, kemudian lanjut untuk mengembangkan dan menjadi brand sendiri di tahun 2020 awal.

Hal yang ia rasakan setelah berkolaborasi dengan Show The Monster adalah lebih banyak peluang yang terbuka untuk industri lokal, yang turut serta terlibat memproduksi jersey dari Common Spot.

Syaroful Azka, founder Pasar Sayoor dan Leader Smartfren Community Pekalongan


Bisnis yang ia geluti sekarang bermula saat Azka sedang berjalan-jalan ke Desa Telogo Hendro yang ada di Pekalongan, Jawa Tengah. Saat itu sedang masa panen sayur. Azka kemudian berbincang dengan petani-petani sayur di sana dan ia kaget mendengar masalah yang terjadi di sana, yaitu rendahnya harga jual hasil pertanian yang dihasilkan oleh petani Desa Telogo Hendro ini. Yang lebih membuatnya kaget lagi ialah, harga jual ini ditentukan oleh para tengkulak, bukan para petaninya sendiri. Walah, kepriben ini yak.

Dari alasan itulah Azka membuat jalur distribusi yang menghubungkan langsung antara produsen dengan konsumen, mencoba memangkas jalur distribusi yang merugikan produsen, dengan membuat startup Pasar Sayoor. Ia berharap, dengan hal ini, petani lebih diuntungkan.

Pasar Sayoor mengantarkannya untuk bergabung di Teman Kreasi Indonesia. Berawal dari bergabungnya ia di Smartfren Community Pekalongan pada tahun 2020, dan berlanjut menjadi Leader Smartfren Community Pekalongan.


Didik Jatmiko, Blogger dan Leader Smartfren Community Bojonegoro


Kak Didik, begitu sapaan akrab para blogger yang mengenalnya, memiliki aktivitas untuk mempromosikan usaha-usaha lokal yang ada di Bojonegoro melalui media sosial dan website bersama masyarakat setempat.

Bergabungnya Kak Didik di Teman Kreasi Indonesia adalah berawal dari bergabungnya Kak Didik di Smarfren Community, berlanjut menjadi Leader Smartfren Community Bojonegoro pada tahun 2019.  Kak Didik memiliki misi mencerdaskan masyarakat di desa agar melek teknologi. Teman Kreasi ini, menurut Kak Didik dapat membuka peluang dengan UMKM dan kokreasi dari Smartfren, dengan dukungan penuh dari branding dan akses jaringan internet yang lancar di Bojonegoro.


Pesan dan Harapan dengan Adanya Teman Kreasi Indonesia

Azka berharap semoga semakin banyak orang yang tergabung dalam Teman Kreasi Indonesia. Pun ia juga berharap semoga Teman Kreasi Indonesia dapat memfasilitasi para UMKM untuk go digital agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Kak Didik memiliki harapan dengan adanya Teman Kreasi Indonesia ini makin terbuka jalan yang luas dan lebar kokreasi dan Smartfren dengan UMKM yang ada di daerah, agar semakin berkembang.

Roberto menyampaikan pesan bahwa semoga dengan kehadiran Teman Kreasi Indonesia dapat membuka peluang sebesar-besarnya kepada UMKM dalam memanfaatkan teknologi. Saling membantu, meng-empower UMKM lokal untuk sama-sama bangun dan bertumbuh .

Dengan semangat kokreasi dan kolaborasi dari Smartfren, Dani Akhyar berharap Teman Kreasi Indonesia dapat membuka peluang kepada masyarakat supaya lebih maju, kreatif, dan produktif, sesuat dengan tagline dari Smartfren Community, “Sinergi Membangun Indonesia”.



Video tentang Teman Kreasi Indonesia yang diluncurkan di kanal YouTube Smartfren Community

---------------------------------------------------

Semoga Teman Kreasi Indonesia terus berkembang untuk membuka peluang seluas-luasnya bagi generasi muda dan juga UMKM yang ada di daerah agar lebih maju. Sukses untuk Smartfren!

 


 Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di blog ini, ya! Saya senang sekali jika teman-teman meninggalkan komentar di tulisan saya ^_^

Mari menyambung silaturahmi dan berkawan :) (saya anaknya nggak nggigit, kok :D)