Kampung Bathok Blitar: Wisata Edukasi Menyenangkan di Kota Blitar

07.09.00



Beberapa kali lewat tempat ini, tapi masih maju mundur (syantik) ketika akan berkunjung kesini. Karena yang saya pahami, disini hanya bisa dikunjungi oleh rombongan dari anak sekolah yang ingin belajar tentang pengolahan bathok alias tempurung kelapa, tidak terbuka untuk masyarakat biasa seperti saya.

Tapi ternyata, saya salah besar. Tempat wisata edukasi ini bisa dikunjungi secara bebas oleh masyarakat umum, loh. Tepatnya pada hari Jumat tanggal 13 Desember 2019 kemarin, merupakan hari dimana Kampung Bathok yang ada di Jalan Kali Glagah, Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo ini diresmikan. Peresmiannya pun langsung dilakukan oleh Bapak Plt Walikota Blitar, Bapak Santoso.


Acara dibuka sekitar pukul 07.30, tapi saya baru datang ke lokasi sekitar pukul 08.30an gitu. Itu saja ketika saya datang, acara masih sambutan-sambutan. Jadinya ya nggak telat-telat banget, lah. Ehe. Sekitar 15 menit kemudian, baru deh, Kampung Bathok ini diresmikan oleh Bapak Plt Walikota bersama jajaran yang lain seperti Camat Sukorejo dan Lurah Tanjungsari.

Peresmian dilakukan oleh Bapak Plt Walikota Blitar, Bapak Santoso

Peresmian Kampung Bathok ini dimeriahkan dengan membuat gelang bathok serempak yang dilakukan oleh Adik-adik SD se-kota Blitar, didampingi oleh panitia yang merupakan Karang Taruna dan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) lingkungan Kampung Bathok. Jadinya benar-benar meriah sekali! Saya yang awalnya hanya menonton, jadi tertarik ingin ikutan buat. Tapi nggak jadi. Kapan-kapan kalau mampir kesini lagi, mau ikutan kelas kilatnya ~XD

 Adik-adik SD yang hebohnya minta ampun ketika membuat kerajinan gelang bathok ini. Dipandu oleh Karang Taruna dan KIM (Kelompok Ilmiah Masyarakat) Kelurahan setempat





Selain membuat gelang bathok, acara ini dimeriahkan juga dengan bazar produk bathok, makanan, dan tentu saja minuman! Uniknya, pembayaran di bazar ini tidak menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan koin bathok yang pecahannya mulai dari IDR 2,500 hingga IDR 50,000. Penukaran ini bisa dilakukan di stan khusus yang telah disediakan oleh panitia. Wajib untuk tukar, gaes. Karena penjualnya beneran pada nggak terima uang tunai. Seru, berasa di Timezone ~XD


Wajib tukar koin disini ya gaes~

Berbagai produk unik dari bathok tersedia disini. Mulai dari aksesoris berupa gelang bathok, bros, gantungan kunci bathok hingga tas cantik, alat-alat dapur seperti gelas, sothil, teko, centong sayur, kokedama yang merupakan sebuah teknik menanam menggunakan serabut kelapa, hingga keripik kelapa! Sayangnya kemarin saya lupa nggak beli keripik kelapanya huhuhu padahal penasaran sama rasanya.




Produk olahan bathok yang unik dan menarik!

Semakin bangga dengan kota kecil tapi bikin rindu jika ditinggal lama ini. Semakin banyak kampung-kampung kreatif yang tidak hanya menjual nama saja, tapi benar-benar dikelola dengan baik hingga menciptakan produk-produk yang layak dijual dengan harga tinggi. Dengan memberdayakan masyarakat sekitar, hingga pada akhirnya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Dan tentu saja ini sejalur dengan salah satu misi dari Kota Blitar yaitu menjadikan Kota Blitar sebagai Kota Kreatif. Semoga bsa menjadi contoh bagi wilayah-wilayah di Blitar yang lain, ya! :D (Biar saya nanti wisatanya nggak jauh-jauh wqwqwq~)


Membeli gelang bathok karena saya suka pakai gelang kemana-mana ehehe. Lucu juga ternyata. Gelang bathok dibandrol dengan harga IDR 5,000 saja!

Oh iya. Disini ada penawaran Paket Hemat untuk yang berkunjung ke Kampung Bathok, loh. Dibandrol mulai dari IDR 5,000 hingga IDR 50,000 saja! Paket yang ditawarkan diantaranya:

  1. Paket 1 (Melihat proses pembuatan kerajinan bathok dan bonus gelang): IDR 5,000
  2. Paket 2 (Edukasi alias belajar membuat kerajinan yang dipandu oleh pengrajin. Plus bonus gelang): IDR 10,000
  3. Paket 3 (Edukasi plus disediakan snack dan air mineral): IDR 20,000
  4. Paket 4 (Edukasi plus disediakan makan dan minum prasmanan): IDR 50,000 (sepertinya ini harus reservasi dulu sebelumnya, sih. Dan tentunya rombongan.)
Tertarik untuk berkunjung dan belajar bersama membuat kerajinan dari bathok di Wisata Edukasi Kampung Bathok yang menyenangkan ini? Kuy, agendakan bersama orang-orang tersayang!

----------------------------------------------------------------

KAMPUNG BATHOK BLITAR

Jalan Kali Glagah RW 09, Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo
Kota Blitar, Jawa Timur

Instagram: @kampungbathok




Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah meninggalkan komentar di blog ini dengan bahasa yang santun, tidak spam, dan tidak mengandung SARA.

Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di blog ini, karena komentar teman-teman semua menjadikan saya lebih bersemangat untuk menulis.

Mari menyambung silaturahmi dan berkawan :) (saya anaknya nggak nggigit, kok :D)