Ketemu Buku Blitar 2019: Tak Hanya Sekadar Bersua dengan Buku

18.07.00


Dengan pertimbangan badan yang sudah sedikit mendingan dan acara ini sudah masuk di hari-hari terakhirnya, akhirnya saya memutuskan untuk datang menghadiri event yang baru diadakan pertamakalinya di kota tersayang ini.

Sudah diworo-woro cukup lama oleh salah satu teman tim hore acara Ketemu Buku Blitar ini. Tapi ndilalah waktu hari H dan sampai menjelang hari terakhir acaranya, kok ya sakit cukup berat (baca ceritanya disini). Yang harusnya bisa menghadiri event waktu ada Mbah Soesilo Toer beberapa hari lalu, saya justru nggak bisa datang gegara masih belum pulih. Ya sudah, daripada dipaksa dan yang ada saya malah pingsan di jalan, mending direlakan untuk tidak hadir saja. Anggap saja masih belum rezekinya. Ehe.

Untungnya, Allaah masih memberi saya kesempatan untuk hadir tadi malam untuk ikut senang-senang di acara ini. Alhamdulillaah.

Saya nggak ngecek siapa guest star yang diundang di tanggal 9 Oktober malam, sih. Sengaja. Biar kejutan aja AHAHAHAH. Syukur-syukur kalau kebetulan kenal sama penulisnya. Eh, jebul kok nggak kenal wkwkkwk. Tapi gapapa, saya tetap antusias buat ngikutin rangkaian acaranya.

Oh, iya. Seperti yang saya bilang di awal tadi, acara festival literasi seperti ini baru pertamakali ini diadakan di Blitar, loh! Sebelumnya saya sempat berangan-angan, kapan ya di Blitar ada acara semacam Patjarmerah; festival literasi yang mengundang berbagai tokoh pegiat literasi dan tentu saja ada pameran bukunya. Lha kok sama teman diberi info jika ada acara semacam Patjarmerah di bulan Oktober! Saya pun langsung hepi syalala~

Acara yang dihelat sejak tanggal 2 Oktober 2019 hingga 10 Oktober 2019 ini diinisiasi oleh berbagai macam komunitas, yang tergabung dalam Lintas Komunitas Blitar. Berbagai macam komunitas buku juga turut memeriahkan acara ini, loh! Bahkan ada yang melapakkan buku-bukunya untuk dibaca di tempat seperti Ruang Baca Blitar. Ramai!

Saya hadir sekitar pukul setengah 8 malam, dijemput oleh seorang teman yang akhirnya bisa bersua setelah 5 tahun hanya bisa ngobrol lewat sosial media, Mbak Fitria RA! (HAAAAA AKHIRNYA BISA KETEMU SETELAH LIMA TAHUN! PADAHAL KITA SATU KOTA LOH INI HIKS) Sempat ada drama-drama sedikit hingga akhirnya kita bertemu huhuhu maafkan Andhira yang membuat menunggu sedikit lama. (DAN LUPA FOTO-FOTO CERIA. ASTAGA)

Langsung cusslah kita ke lokesyen. Malam itu, guest starnya adalah Mas Genta Kiswara, penulis buku yang berasal dari Sumatera. Beliau sudah menelurkan 4 buah buku, loh! Sayangnya kemarin saya belum baca satu buku dari beliau, jadinya ada yang kurang, gitu. Huhu. Maap yha Mz~

Bintang tamu acara Ngobras (Ngobrol Asyik) tanggal 9 Oktober kemarin, Mas Genta Kiswara. Oh iya, asiknya ini acara diadakan lesehan. Hangat sekali suasananya! (Tinggal nambah gorengan sama kopi aja, nih. Etapi konsentrasi saya sedikit terpecah dengan sedapnya bau lalapan ayam goreng di depan Graha Patria)

Beliau bercerita bagaimana proses kreatifnya untuk menjadi seorang penulis, tips menulis, dan tentunya ada curhat-curhat terselubung tentang percintaan lah ya. Hahaha. Mengingat audiens kemarin banyak didominasi oleh kaum milenial, yang notabene sedang terserang virus merah jambu.

Cukup bosan dengan acara diskusi dengan penulis, saya memilih jalan-jalan ke dalam Graha Patria untuk melihat pameran buku yang sedang berlangsung.



Berbagai macam buku disediakan untuk dijual, mulai dari novel yang beragam genre, buku anak-anak, buku bertema politik, sosial, pengetahuan, sejarah, dan masih banyak lagi.


 Buku-buku Mojok juga tersedia disini, loh!


Oh, iya. Disini juga ada lapak untuk belajar sablon cukil! Yang mana saya langsung tahu kalau ini dari lapaknya Ruang Baca Blitar. Duh, saya lama banget nggak gabung sama mereka huhuhu. Tapi cukup senang semalam bisa bertemu beberapa teman dari Ruang Baca Blitar yang masih mengenali saya HAHAHA. Pokokmen kalau sudah sembuh, harus ikutan lagi nimbrung ngelapak buku bersama mereka di Citywalk Makam Bung Karno!

 Belajar sablon cukil di lapaknya Ruang Baca Blitar


Kerennya lagi, disini sudah tidak disediakan kantong plastik, loh! Salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Jadi, wajib bagi kalian untuk membawa kantong belanja sendiri dari rumah, ya!

Sudah ada woro-woro di meja kasir jika tidak menggunakan kantong plastik

Ah, saya senang bisa hadir di acara festival literasi pertama yang ada di Blitar ini. Meski semalam hanya hadir beberapa jam saja dan tidak membeli buku satupun, bagi saya, acara ini keren sekali! Mengenalkan kepada masyarakat bahwa dunia literasi itu tidak membosankan dan sangat seru untuk dipelajari! Ketemu Buku yang tidak hanya bersua dengan buku!

Semoga acara Ketemu Buku Blitar tidak hanya sekali ini diadakan. Kalau bisa ya.... setiap tahun, lah. HEHEHEHE. AAMIIN. Semoga Tuhan memberi umur panjang untuk menikmati festival literasi ini kembali!



Love,



Andhira A. Mudzalifa

You Might Also Like

0 comments

Silahkan berkomentar :) No SPAM and SARA ya ^^